Kamis, 02 Februari 2012

UPAYA PEMBINAAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA CINTA FISIKA


LAPORAN INDIVIDU
UPAYA PEMBINAAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA CINTA FISIKA
 DAN
MEMBANTU MENGAJAR DI SMPN 2 KARANG TINGGI DESA GAJAH MATI


MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA (KKN)
UNIVERSITAS BENGKULU
PERIODE KE-61 ( 1 JULI – 31 AGUSTUS 2010 )




DI
DESA GAJAH MATI
KECAMATAN KARANG TINGGI
KABUPATEN BENGKULU TENGAH













OLEH:
SRI WAHYU WIDYANINGSIH
AIE007012





PUSAT PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN KKN
LEMBAGA PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
UNIVERSITAS BENGKULU
2010


TEKNOLOGI YANG DITERAPKAN

            Adapun teknologi yang diterapkan dalam Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Bengkulu Periode 61 Tahun 2010 Desa Air Sebakul Yaitu :
1.   Teknik partisipasi, yaitu suatu teknik pendekatan  dimana Mahasiswa  bekerjasama dengan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan secara bersama- sama.
2.      Teknik Tatap Muka, yaitu Mahasiswa dalam menyampaikan materi dengan bertatap muka secara langsung dengan masyarakat.
3.        Teknik Demonstrasi, yaitu mahasiswa melakukan peragaan mengenai materi- materi yang akan disampaikan kepada masyarakat, sehingga mereka dapat melihat secara langsung proses pelaksanaan secara berurutan dan diharapkan nantinya mereka dapat terdorong dan termotivasi untuk menerapkannya.









 




























                                          



































                                                  



























































































          DAFTAR ISI


JUDUL KEGIATAN............................................................................................. i
HALAMAN PENGESAHAN.............................................................................. ii
KATA PENGANTAR......................................................................................... iii
DAFTAR ISI.......................................................................................................... v
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii
DAFTAR GAMBAR........................................................................................... ix

BIMBINGAN BELAJAR FISIKA
PERTEMUAN I. PENGENALAN UMUM TENTANG FISIKA
  1. Topik Diskusi................................................................................................. 1
  2. Justifikasi Kegiatan........................................................................................ 1
  3. Pembahasan.................................................................................................... 1
  4. Kesimpulan dan Saran................................................................................... 2
  5. Lampiran (Daftar hadir, Notulensi Diskusi, Foto dan Keterangan).............. 2


PERTEMUAN II. TATA SURYA
A. Topik Diskusi.................................................................................................. 5
B. Justifikasi Kegiatan......................................................................................... 5
C. Pembahasan..................................................................................................... 5
D. Kesimpulan dan Saran.................................................................................... 6
E. Lampiran (Daftar hadir, Notulensi Diskusi, Foto dan Keterangan)................ 6

PERTEMUAN III. BENDA DAN SIFATNYA
  1. Topik Diskusi................................................................................................. 11
  2. Justifikasi Kegiatan........................................................................................ 11
  3. Pembahasan.................................................................................................... 11
  4. Kesimpulan dan Saran................................................................................... 12
  5. Lampiran (Daftar hadir, Notulensi Diskusi, Foto dan Keterangan).............. 12

PERTEMUAN IV ENERGI
  1. Topik Diskusi................................................................................................. 16
  2. Justifikasi Kegiatan........................................................................................ 16
  3. Pembahasan.................................................................................................... 16
  4. Kesimpulan dan Saran................................................................................... 18
  5. Lampiran (Daftar hadir, Notulensi Diskusi, Foto dan Keterangan).............. 18

PERTEMUAN V CARA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR
  1. Topik Diskusi................................................................................................. 22
  2. Justifikasi Kegiatan........................................................................................ 22
  3. Pembahasan.................................................................................................... 23
  4. Kesimpulan dan Saran................................................................................... 25
  5. Lampiran (Daftar hadir, Notulensi Diskusi, Foto dan Keterangan).............. 25

PERTEMUAN VI. CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA
  1. Topik Diskusi................................................................................................. 29
  2. Justifikasi Kegiatan........................................................................................ 29
  3. Pembahasan.................................................................................................... 29
  4. Kesimpulan dan Saran................................................................................... 31
  5. Lampiran (Daftar hadir, Notulensi Diskusi, Foto dan Keterangan).............. 31

TEKNOLOGI YANG DILAKUKAN
LAMPIRAN










































DAFTAR LAMPIRAN

  1. Surat keterangan telah melaksanakan Kuliah kerja Nyata ( KKN )
  2. Surat Permohonan Izin melaksanakan Bimbingan Belajar Fisika
  3. Surat keterangan telah melaksanakan Bimbingan Belajar Fisika
  4. Surat Permohonan Izin melaksanakan program membantu mengajar di SMP.N.2 Gajah mati Karang Tinggi
  5. Surat keterangan telah melaksanakan program membantu mengajar di SMP.N.2 Gajah mati Karang Tinggi
  6. Kalender Kerja Kelompok Binaan
  7. Teknologi yang diterapkan
  8. Foto kegiatan individu
  9. Notulensi diskusi
  10. Penetapan Masalah
  11. Rencana Kegiatan
  12. Peta Desa Gajah Mati






 
DAFTAR GAMBAR
Gambar 1. Peta Desa gajah Mati
      Gambar 2. Foto  kegiatan Individu KKN UNIB periode 61 Tahun 2010.

 




KATA PENGANTAR
Puji dan Syukur saya ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga dapat menyelesaikan laporan akhir individu Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Bengkulu Periode 61 tahun 2010 yang berlokasi di Desa Gajah Mati Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah selama dua bulan, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 1 Juli – 31 Agustus 2010.
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan intrakurikuler yang merupakan bagian integral dari kurikulum pendidikan tinggi dan wajib diikuti oleh mahasiswa program sarjana Stratum 1 (S1). Keberadaan mahasiswa di desa ini adalah menjalankan program-program yang telah direncanakan dan terstruktur dari hasil observasi. Sehingga secara langsung mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) ikut ambil bagian dalam membantu mencari solusi pemecahan untuk setiap masalah-masalah tersebut.
Keberhasilan pelaksanaan program dan penyuysunan laporan individu tidak terlepas dari  bantuan berbagai pihak. Untuk itu dengan segala kerendahan hati, saya banyak mengucapkan terima kasih kepada:
1.      Bapak Zainal Muktamar Ph. D selaku Rektor Universitas Bengkulu
2.      Tim P3KKN Universitas Bengkulu Periode 61 tahun 2010

3.      Bapak Agustin Zarkani, SP, M.Si, selaku dosen pembimbing lapangan

4.      Bapak Niswar, selaku kepala desa Gajah Mati
5.      Bapak A. Munir selaku Camat Kecamatan Karang Tinggi
6.      Teman-teman satu kelompok (Kak Rino, Kak Robi, Yuk Nenk, kak Bambang, Josi, Chindhi, dan Bang Octa) atas bantuan dan sarannya yang tidak akan pernah saya lupakan.
7.      Dan semua masyarakat desa Gajah Mati serta semua pihak yang telah membantu sehingga penulisan laporan awal ini dapat terselsaikan, semoga Allah SWT membalas semua kebaikan dan mendapat keridho’an. Amiin.
Akhirnya tim penyusun berharap semoga laporan kelompok ini dapat berguna dan bermanfaat bagi semua pihak yang berkepentingan.
Di dalam penulisan laporan individu ini penulis masih merasakan adanya kekurangan, hal ini dikarenakan keterbatasan yang dimiliki penulis. Atas dasar itulah maka saran dan kritik yang sifatnya memberikan dorongan dari semua pihak sangat penulis harapkan demi perbaikan selanjutnya, harapan penulis semoga laporan individu ini dapat berguna bagi kita semua.
                                                                                      Bengkulu,      September 2010




          SRI WAHYU WIDYANINGSIH

PERTEMUAN I
A.    Topik Diskusi
”PENGENALAN UMUM TENTANG FISIKA”

B.     Justifikasi Kegiatan
1.      Latar Belakang
Dalam berbagai fenomena yang terjadi di alam sedikit banyak berhubungan dengan fisika, mulai dari zat dan materi, sifat material, energi dan bahkan teknologi dapat di jelaskan dengan ilmu Fisika. Fisika pada dasarnya mempunyai peran yang sangat penting dalam perkembangan teknologi pada saat ini. Banyak masyarakat yang menganggap bahwa fisika itu sangat sulit terutama oleh para siswa atau pelajar. Padahal sesungguhnya fisika itu asyik dan menyenangkan. Fisika merupakan akar atau pangkal tolak drai suatu teknologi. Sehingga fisika dapat di katakan sebagai cabang ilmu pengetahuan yang sangat penting, dan mengealkan fisika pada generasi muda juga merupakan hal yang tak kalah penting, karena fisika dapat di terapkan di tengah-tengah masyarakat mulai dari yang sederhana sampai yang rumit.
2.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka masalah yang muncul adalah masih adanya siswa yang menganggap bahwa fisika itu sukar.
3.      Tujuan
Adapun tujuan dari pengenalan tentang fisika ini adalah agar supaya siswa atau pelajar tahu bagaimana fisika itu sebenarnya.

C.    Pembahasan
Fisika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari berbagai sifat fisis dari suatu zat dan materi, energi, gerak, bahkan tentang dasar-dasar teknologi. Ada banyak fenomena alam yang bisa dijelaskan dengan ilmu fisika dan bisa di manfaatkan dalam kehidupan. Jika kita sudah mengenal fisika maka banyak sekali hal menarik dalam fisika. Untuk kalangan anak-anak konsep fisika yang sederhana di pahami dengan mudah, misalnya mengapa bisa terjadi hujan, awan dll. Kemudian dengan fisika kita bisa memanfaatkan angin, air, hujan unutk kehidupan sehari-hari.
Pertemuan pertama Bimbingan Belajar Fisika diselenggarakan pada hari kamis tanggal 15 Juli 2010 pukul 15.30 sampai 17.30 WIB bertempat di sekretariat KKN UNIB periode 61 desa Gajah Mati Kabupaten Karang Tinggi. Materi yang di bahas dalam pertemuan ini adalah Pengenalan Umum Tentang Fisika.
Peserta Bimbingan Belajar Fisika ini ada 14 orang yang terdiri dari siswa kelas VII, VIII, dan IX SMP yang  betempat tinggal di sekitar desa Gajah Mati. Peserta terdiri dari 5 orang siswa kelas VII, 5 orang siswa kelas VIII, dan 4 orang siswa kelas IX. Pada pertemuan ini peserta yang hadir berjumlah 10 orang, peserta lain tidak dapat hadir tanpa ada keterangan. Di sinilah masalah terbesar yang dirasakan oleh pengajar, yaitu masalah kehadiran, selain itu juga masalah sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk mempermudah dalam menjelaskan materi.
Respon dari peserta Bimbel sangatlah baik, disini dibahas berbagai masalah dan fenomena mengenai Fisika yang ada di sekitar kita. Peserta juga sangat aktif dalam berdiskusi dan mengajukan pertanyaan mengenai topik yang di bahas. Di akhir pertemuan juga di adakan kuis untuk melihat seberapa banyak informasi yang dapat ditangkap oleh peserta.
D.    Kesimpulan dan Saran
a.       Kesimpulan
Adapun kesimpulan dari pembahasan diatas adalah bahwa mempekenalkan fisika ditengah masyarakat khususnya anak-anak sangatlah penting dan konsep fisika dapat dimulai dari yang sederhana sampai yanng kompleks dapat dimanfaatkan dalam kehidupan.
b.      Saran
Bila memungkinkan akan lebih baik dilakukan dengan pelatihan, demo atau praktek.
E.     Lampiran


           



                        PROGRAM KERJA INDIVIDU
                        MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA UNIB
                                                PERIODE 61 TAHUN 2010
         Desa           : Gajah Mati
                Kecamatan : Karang Tinggi
                      Kabupaten   : Bengkulu Tengah

Nama                : SRI WAHYU WIDYANINGSIH
NPM               : A1E007012
Program studi  : FISIKA
Fakultas           : KIP
Pembelajaran I : PENGENALAN UMUM TENTANG FISIKA

Nama Anggota Kelompok Binaan
Hari                 : Kamis
Tanggal           : 15 Juli 2010
Tempat            : Sekretariat KKN UNIB Desa Gajah Mati

NO
NAMA
ALAMAT
KELAS
UMUR
PARAF
KET
1.
Eka Setianingsih
Gajah Mati
VII
12 Tahun


2.
Devi Susanti
Gajah Mati
VII
12 Tahun


3.
Trya Verenika
Gajah Mati
VII
12 Tahun


4.
Elvi Riani
Gajah Mati
VII
12 Tahun


5.
Lesi Hermiati
Gajah Mati
VII
12 Tahun


6.
Nike Yusikai
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


7.
Sinta Marcu Diana
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


8.
Nurul Aini
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


9.
Erie Afrilia
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


10.
Rita Agustina
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


11.
Rani puspita sari
Gajah Mati
IX
14 Tahun


12.
Jumadil Fitri
Gajah Mati
IX
14 Tahun


13.
FohahanDwi Adfeni
Gajah Mati
IX
14 Tahun


14.
Maria Eka Septiani
Gajah Mati
IX
15 Tahun


                                                                                                                                                                                                                                                           Gajah Mati,    Juli 2010
                                                                                                     Koordinator Desa
Kepala Desa Gajah Mati



Niswar                                                                               Robi Sugara                                                                                                                                                                                                                                                                              
                                                                                        NPM. F1A006045



                     KULIAH KERJA NYATA
                        UNIVERSITAS BENGKULU PERIODE 61
                         TANGGAL 1 JULI s/d 31 AGUSTUS 2010
                           Desa Gajah Mati Kecamatan Karang Tinggi
                        Kabupaten Bengkulu Tengah
 


Pertemuan                              : I
Hari / Tanggal                        : Kamis / 15 Juli 2010
Waktu                                     : 15.30 – 17.30
Tempat                                   : Sekretariat KKN UNIB Desa Gajah Mati
Materi Pembelajaran            : PENGENALAN UMUM TENTANG FISIKA
Hasil Pembelajaran               :

*      Pertanyaan :
1.      Mengapa kita perlu mempelajari Fisika?
2.      Apa Manfaat Fisika dalam Kehidupan sehari – hari ?

*      Pembahasan :
1.      Karena fisika merupakan Pelengkap dari semua mata pelajaran yang ada disekolah sebab setiap peristiwa yang terjadi di sekeliling kita semuanya merupakan hasil dari kajian ilmu Fisika.
2.      Manfaat ilmu fisika dalam kehidupan sehari – hari yaitu agar kita bisa menelaah setiap peristiwa tersebut dengan logika kita yang benar melalui rumus – rumus yang telah ditentukan sebelumnya, sehingga kita dapat mengetahui kebenaran dan keterkaitan antara keduanya.




                                                                                          Koordinator kegiatan


                                                                                  SRI WAHYU WIDYANINGSIH                                                                                          
                                                                                             NPM. A1E107015


                     KULIAH KERJA NYATA
                        UNIVERSITAS BENGKULU PERIODE 61
                         TANGGAL 1 JULI s/d 31 AGUSTUS 2010
                           Desa Gajah Mati Kecamatan Karang Tinggi
                        Kabupaten Bengkulu Tengah


                               DOKUMENTASI PERTEMUAN I

Materi pembelajaran    : PENGENALAN UMUM TENTANG FISIKA
Tanggal                        : 15 Juli 2010
Tempat / Kelas            :  Sekretariat KKN UNIB Desa Gajah Mati

Foto Kegiatan

PERTEMUAN II
A.    Topik Diskusi
”TATA SURYA”

B.     Justifikasi Kegiatan
1.      Latar Belakang
      Kejadian terbentuknya jagat raya dapat diperkirakan berkat penelitian para astronom. Dari penelitian lebih mendalam sejak berabad lalu hingga kini dapat diketahui pula penyusun tata surya kita. Planet-palnet dan benda langit lainnya bergerak mengelilingi matahari dengan orbit tertentu. Gambaran tata surya dapat kita amati dalam dioramanya. Diorama tata surya dan benda-benda langit itu biasanya ada di panetarium.
      Bumi merupakan tempat tinggal kita, yang merupakan satu-satunya palnet yang dapat ditinggali oleh makhluk hidup dalam alam semesta. Oleh karena itu siswa-siswa SMP harus dipernalkan tentang bumi atau dalam arti luasnya yaitu Alam semesta.
2.      Rumusan Masalah
             Berdasarkan latar belakang di atas masalah yang diangkat penulis adalah apa yang dimaksud dengan tata surya.
3.      Tujuan
             Berdasarkan kenyataan di lapangan, kegiatan ini bertujuan agar siswa mengetahui tentang apa itu tata surya.

C.    Pembahasan
Dalam kegiatan belajar mengajar ini metode yang digunakan adalah metode ceramah.
Pertemuan kedua Bimbingan Belajar Fisika diselenggarakan pada hari kamis tanggal 22 Juli 2010 pukul 19.00 sampai 21.00 WIB bertempat di sekretarian KKN UNIB periode 61 desa Gajah Mati. Kegiatan Bimbel yang biasa di laksanakan pada pukul 15.30 tepaksa di undur karena ada kegiatan kelompok. Materi yang di bahas dalam pertemuan ini adalah Tata Surya.
Pada pertemuan ini peserta yang hadir berjumlah 13 orang, peserta lain tidak dapat hadir tanpa ada keterangan. Respon dari peserta Bimbel sangatlah baik, disini dibahas berbagai masalah dan fenomena mengenai tata surya. Peserta juga sangat aktif dalam berdiskusi dan mengajukan pertanyaan mengenai topik yang di bahas. Di akhir pertemuan juga di adakan kuis untuk melihat seberapa banyak informasi yang dapat ditangkap oleh peserta.
Kendala yang dirasakan baik oleh pengajar maupun peserta bimbel adalah kurangnya sarana dan prasarana seperti model tata surya yang dapat membuat peserta lebih tertarik mengikuti bimbel ini. Model ini juga dapat membantu peserta agar lebih mudah memahami keterangan dari pengajar.
Kendala lain yang dirasakan adalah bervariasinya jenjang pendidikan peserta bimbel sehingga sulit menentukan materi yang dapat di terima oleh semua siswa, oleh karena itu pengajar memilih materi yang bersifat umum.
Materi yang di sampaikan dalam diskusi tersebut secara umum adalah sebagai berikut:
Pada 15 milyar tahun yang lalu, terjadi ledakan dahsyat di langit. Para astronom menyebutnya Big Bang. Peristiwa ini mengawali terbentuknya jagat raya. Dan berjuta-juta tahun setalah ”Big Bang” itu terbentuk galaksi-galaksi, bintang-bintang dan surya-tata surya.
Galaksi adalah kumpulan berbagai tata surya. Galaksi dalam tata surya kita dikenal dengan nama galaksi Bima Sakti. Galaksi Bima Sakti adalah salah satu dari beribu-ribu galaksi yang ada di jagat raya ini.

D.    Kesimpulan dan Saran
a.       Kesimpulan
Adapun kesimpulannya adalah siswa-siswa yang berdomilisi di Desa Gajah Mati mengetahui tentang apa itu tata surya.
b.      Saran
Untuk para orang tua agar memberikan perhatian untuk anak-anak pada saat mereka di rumah dan selalu mengajarinya di rumah serta selalu menanamkan nilai-nilai agama yang tinggi dengan pertama-tama menyakinkan bahwa hanya Allah lah yang menciptakan alam semesta ini beserta isinya.

E.     Lampiran


                       PROGRAM KERJA INDIVIDU
                        MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA UNIB
                                                 PERIODE 61 TAHUN 2010
         Desa           : Gajah Mati
                Kecamatan : Karang Tinggi
                      Kabupaten   : Bengkulu Tengah

Nama                            : SRI WAHYU WIDYANINGSIH
NPM                           : A1E007012
Program studi              : FISIKA
Fakultas                      : KIP
Pembelajaran II           :TATA SURYA


Nama Anggota Kelompok Binaan
Hari                 : Kamis
Tanggal           : 22 Juli 2010
Tempat            : Sekretariat KKN UNIB Desa Gajah Mati

NO
NAMA
ALAMAT
KELAS
UMUR
PARAF
KET
1.
Eka Setianingsih
Gajah Mati
VII
12 Tahun


2.
Devi Susanti
Gajah Mati
VII
12 Tahun


3.
Trya Verenika
Gajah Mati
VII
12 Tahun


4.
Elvi Riani
Gajah Mati
VII
12 Tahun


5.
Lesi Hermiati
Gajah Mati
VII
12 Tahun


6.
Nike Yusikai
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


7.
Sinta Marcu Diana
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


8.
Nurul Aini
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


9.
Erie Afrilia
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


10.
Rita Agustina
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


11.
Rani puspita sari
Gajah Mati
IX
14 Tahun


12.
Jumadil Fitri
Gajah Mati
IX
14 Tahun


13.
FohahanDwi Adfeni
Gajah Mati
IX
14 Tahun


14.
Maria Eka Septiani
Gajah Mati
IX
15 Tahun


                                                                                                                                                                                                                                                           Gajah Mati,    Juli 2010
                                                                                                     Koordinator Desa
Kepala Desa Gajah Mati



Niswar                                                                               Robi Sugara                                                                                                                                                                                                                                                                              
                                                                                        NPM. F1A006045

                         KULIAH KERJA NYATA
                        UNIVERSITAS BENGKULU PERIODE 61
                         TANGGAL 1 JULI s/d 31 AGUSTUS 2010
                           Desa Gajah Mati Kecamatan Karang Tinggi
                        Kabupaten Bengkulu Tengah
 


Pertemuan                              : II
Hari / Tanggal                        : Kamis / 22 Juli 2010
Waktu                                     : 19.00-21.00
Tempat                                   : Secretariat KKN UNIB Desa Gajah Mati
Materi Pembelajaran            : TATA SURYA
Hasil Pembelajaran               :

*      Pertanyaan :
1.      Mengapa planet – planet atau semua tata surya itu tidak pernah jatuh, apakah yang menyebabkan hal itu bisa terjadi ?
2.      Apa saja yang termasuk ke dalam tata surya itu, apakah Cuma matahari!! ?

*      Pembahasan :
1.      Karena yang menyebabakan planet – planet atau semua tata surya tersebut tidak bisa jatuh yaitu karen adanya gaya tarik bumi atau sering dikenal dengan gaya gravitasi.
2.      Yang termasuk kedalam tata suya yaitu, Matahari, Planet, komet , bulan, bintang, meteor, galaksi- galaksi, dll.



                                                                                         Koordinator kegiatan

                                                                                          

                                                                                  SRI WAHYU WIDYANINGSIH                                                                                          
                                                                                             NPM. A1E107015




                         KULIAH KERJA NYATA
                        UNIVERSITAS BENGKULU PERIODE 61
                         TANGGAL 1 JULI s/d 31 AGUSTUS 2010
                           Desa Gajah Mati Kecamatan Karang Tinggi
                        Kabupaten Bengkulu Tengah


                               DOKUMENTASI PERTEMUAN II
Materi pembelajaran : TATA SURYA
Tanggal                       : 22 Juli 2010
Tempat                        : Sekretariat KKN UNIB Desa gajah Mati

Foto Kegiatan
PERTEMUAN III
A.    Topik Diskusi
”BENDA DAN SIFATNYA”
B.     Justifikasi Kegiatan
1. Latar Belakang
Di dalam ilmu fisika, satuan jumlah panas disebut kalor. Sedangkan ukuran derajat panas disebut suhu. Kalor juga berarti energi yang diterima atau dilepaskan oleh suatu benda sehingga suhu benda tersebut naik atau turun atau wujudnya berubah. Jadi kalor merupakan bentuk energi yang dapat berpindah-pindah. Perpindahan kalor ini dapat menyebabkan perubahan benda.
Kalor dan perpindahannya memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Bahkan sebenarnya tubuh kita adalah mesin kalor, yang mengubah makanan menjadi energi dan panas tubuh.
2. Rumusan Masalah
         Adapun rumusan masalahnya adalah mengindentifikasi berbagai benda yang bersifat konduktor atau isolator panas.
3. Tujuan
         Mengenal lebih jauh tentang benda dan sifatnya terutama benda konduktor atau isolator.
C.    Pembahasan
Pertemuan ketiga Bimbingan Belajar Fisika diselenggarakan pada hari kamis tanggal 29 Juli 2010 pukul 15.30 sampai 17.30 WIB bertempat di sekretarian KKN UNIB periode 61 desa Gajah Mati. Materi yang di bahas dalam pertemuan ini adalah Benda dan Sifatnya.
Pada pertemuan ini peserta yang hadir berjumlah 10 orang, peserta lain tidak dapat hadir tanpa ada keterangan. Di sinilah masalah terbesar yang dirasakan oleh pengajar, yaitu masalah sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk mempermudah dalam menjelaskan materi Benda dan sifatnya serta hambatan cuaca yang kebetulan hujan.
Respon dari peserta Bimbel sangatlah baik, disini dibahas berbagai masalah dan fenomena mengenai materi benda dan sifatnya. Peserta juga sangat aktif dalam berdiskusi dan mengajukan pertanyaan mengenai topik yang di bahas. Di akhir pertemuan juga di adakan kuis untuk melihat seberapa banyak informasi yang dapat ditangkap oleh peserta.
Materi yang di sampaikan dalam diskusi tersebut secara umum adalah sebagai berikut: Bila panas mengenai suatu benda, suhu benda itu akan naik. Kemudian panas tersebut akan menyebar ke bagian yang lain. Setiap benda mampu memindahkan atau menghantarkan panas, tetapi kecepatan perpindahan panas pada masing-masing benda tidak sama. Ada yang dengan cepat ada pula yang lambat.
            Benda yang mampu menghantarkan panas dengan cepat berarti ia sebagai penghantar panas yang baik. Sebaliknya, benda yang tidak mampu memindahkan panas dengan cepat berarti ia sebagai penghantar panas yang kurang baik. Misalkan setrika listrik dan cerek perebus air.
        Benda logam (tembaga dan kawat) sebagai konduktor panas yang baik. Sedangkan benda non logam (kayu, lidi dan pralon) sebagai isolator panas yang kurang baik.
         Berdasarkan sifat kemampuan penghantar panas, benda dikelompokkan menjadi dua, yaitu kelompok konduktor panas dan kelompok benda isolator panas. Konduktor adalah setiap benda yang mampu menghantarkan panas dengan baik. Isolator adalah setiap benda yang tidak mampu menghantarkan panas dengan baik.
         Konduktor atau isolator panas merupakan dua sifat benda saling berlawanan. Jika sebuah benda bersifat sebagai konduktor yang baik, maka benda tersebut termasuk isolator yang tidak baik.
D.    Kesimpulan dan Saran
a.         Kesimpulan
Adapun ksimpulan dari pembahasan diatas adalah :
1.       Peserta dapat menagkap informasi dengan cukup baik.
2.       Benda logam merupakan benda konduktor dan benda nonlogam merupakan benda isolator.
3.       Konduktor atau isolator saling berlawanan sifatnya.
b.         Saran
Bila memungkinkan akan lebih baik dilakukan dengan pelatihan, demo atau praktek.
E.     Lampiran
                        PROGRAM KERJA INDIVIDU
                        MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA UNIB
                                                 PERIODE 61 TAHUN 2010
         Desa           : Gajah Mati
                Kecamatan : Karang Tinggi
                      Kabupaten   : Bengkulu Tengah

Nama                            : SRI WAHYU WIDYANINGSIH
NPM                           : A1E007012
Program studi              : FISIKA
Fakultas                       : KIP
Pembelajaran III         : BENDA DAN SIFATNYA

Nama Anggota Kelompok Binaan
Hari                 : Kamis
Tanggal           : 29 Juli 2010
Tempat            : Sekretariat KKN UNIB Desa Gajah Mati

NO
NAMA
ALAMAT
KELAS
UMUR
PARAF
KET
1.
Eka Setianingsih
Gajah Mati
VII
12 Tahun


2.
Devi Susanti
Gajah Mati
VII
12 Tahun


3.
Trya Verenika
Gajah Mati
VII
12 Tahun


4.
Elvi Riani
Gajah Mati
VII
12 Tahun


5.
Lesi Hermiati
Gajah Mati
VII
12 Tahun


6.
Nike Yusikai
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


7.
Sinta Marcu Diana
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


8.
Nurul Aini
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


9.
Erie Afrilia
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


10.
Rita Agustina
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


11.
Rani puspita sari
Gajah Mati
IX
14 Tahun


12.
Jumadil Fitri
Gajah Mati
IX
14 Tahun


13.
FohahanDwi Adfeni
Gajah Mati
IX
14 Tahun


14.
Maria Eka Septiani
Gajah Mati
IX
15 Tahun


                                                                                                                                                                                                                                                           Gajah Mati,    Juli 2010
                                                                                                     Koordinator Desa
Kepala Desa Gajah Mati



Niswar                                                                               Robi Sugara                                                                                                                                                                                                                                                                              
                                                                                        NPM. F1A006045



                    
                         KULIAH KERJA NYATA
                        UNIVERSITAS BENGKULU PERIODE 61
                         TANGGAL 1 JULI s/d 31 AGUSTUS 2010
                           Desa Gajah Mati Kecamatan Karang Tinggi
                        Kabupaten Bengkulu Tengah
 


Pertemuan                              : III
Hari / Tanggal                        : Senin/ 29Juli 2010
Waktu                                     : 15.30 – 17.30
Tempat                                   : Sekretariat KKN UNIB Desa Gajah mati
Materi Pembelajaran            : BENDA DAN SIFATNYA
Hasil Pembelajaran               :

*      Pertanyaan :
1. Berikan contoh dalam kehidupan sehari – hari benda yang bersifat konduktor dan tidak konduktor?
2.  Apa yang menyebabakan terjadinya kalor ?
*      Pembahasan :
1.      Untuk  benda yang Konduktor ; Alat elektronik yang tersambung dengan aliran listrik, kompor, televisi, kulkas, komputer, dll. Lalu untuk yang tidak konduktor yaitu : plastik, karet, sendal jepit, kayu, kertas, dll.
2.      Yang menyebabkan terjadinya kalor yaitu Bila panas mengenai suatu benda, suhu benda itu akan naik. Kemudian panas tersebut akan menyebar ke bagian yang lain. Setiap benda mampu memindahkan atau menghantarkan panas, tetapi kecepatan perpindahan panas pada masing-masing benda tidak sama. Ada yang dengan cepat ada pula yang lambat.


                                                                                          Koordinator kegiatan

                                                                                         
                                                                 SRI WAHYU WIDYANINGSIH                                                                                          
                                                                                             NPM. A1E107015


                         KULIAH KERJA NYATA
                        UNIVERSITAS BENGKULU PERIODE 61
                         TANGGAL 1 JULI s/d 31 AGUSTUS 2010
                           Desa Gajah Mati Kecamatan Karang Tinggi
                        Kabupaten Bengkulu Tengah
                             
DOKUMENTASI PERTEMUAN III
Materi pembelajaran : BENDA DAN SIFATNYA
Tanggal                       : 29 Juli 2010
Tempat                        : Sekretariat KKN UNIB Desa Gajah mati

Foto Kegiatan

PERTEMUAN IV
a. Topik Diskusi
     ”ENERGI”

b. Justifikasi Kegiatan
      1. Latar Belakang
             Dalam lingkungan kita energi sangatlah penting. Dalam berbagai hal kita menggunakan energi. Begitu juga dalam kehidupan sehari-hari di desa  Gajah Mati pun tidak lepas dari penggunaan energi, mulai dari energi listrik, energi cahaya, energi gerak dll. Beberapa bentuk energi ini jumlahnya terbatas dan tidak dapat diperbaharui. Jadi, dalam penggunaannya kita harus sehemat mungkin karena jika energi ini habis kita tidak bisa memperbaharuinya gar mendapatkan energi yang sama dalam waktu singkat.
Dalam kehidupan kita, sumber energi yang banyak dipakai adalah listrik dan bahan bakar minyak, selain kedua sumber ini masih ada berbagai sumber lain yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan kita. Kondisi nyata yang kita hadapi saat sekarang ini yang tidak bisa kita pungkiri adalah krisis energi bahkan suatu saat mungkin kita akan kehilangan sumber energi yang selama ini kita manfaatkan. Dalam konsep fisika, energi terdiri dari berbagai bentuk energi ke bentuk energi yang lain. Karena energi merupakan hal yang sangat penting maka dalam pertemua ini pemateri membahas materi mengenai energi.
2. Rumusan Masalah
         Energi merupakan suatu pokok bahasan yang penting untuk dibahas dan kondidi kita saat ini berada dalam krisis energi dan bagaimana kita bisa mengerti lebih dalam mengenai energi dalam konsep fisika sehingga dengan prinsip fisika kita bisa mencari solusinya.
3. Tujuan
Mengetahui lebih dalam mengenai energi dan perubahan bentuknya yang berhubungan dengan konsep fisika.

c. Pembahasan
Pertemuan keempat Bimbingan Belajar Fisika diselenggarakan pada hari kamis tanggal 5 Agustus 2010 pukul 15.30 sampai 17.30 WIB bertempat di sekretariat KKN UNIB periode 61 desa Gajah Mati. Materi yang di bahas dalam pertemuan ini adalah Energi mulai dari bentuk-bentuk energi hingga perubahan bentuk energi.
Pada pertemuan ini peserta yang hadir berjumlah 10 orang, peserta lain tidak dapat hadir tanpa ada keterangan ada pula yang izin. Di sinilah masalah terbesar yang dirasakan oleh pengajar, yaitu masalah sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk mempermudah dalam menjelaskan materi.
Respon dari peserta Bimbel sangatlah baik, disini dibahas berbagai masalah dan fenomena mengenai Energi yang ada di sekitar kita. Di harapkan peserta dapat memahami bahwa kehidupan kita tak pernak lepas dari energi. Peserta juga sangat aktif dalam berdiskusi dan mengajukan pertanyaan mengenai topik yang di bahas. Di akhir pertemuan juga di adakan kuis untuk melihat seberapa banyak informasi yang dapat ditangkap oleh peserta.
Materi yang di sampaikan dalam diskusi tersebut secara umum adalah sebagai berikut:
Dalam fisika, ada berbagai macam bentuk energi yaitu energi matahari, yang merupakan sumber energi yang tak terbatas jumlahnya, energi matahari ini bisa dimanfaatkan secara langsung misalnya dalam kehidupan masyarkat digunakan unutk mengeringkan hasil pertanian. Selain dimanfaatkan secara langsung, energi matahari juga bisa di ubah menjadi energi listrik dengan menggunakan sel fotovoltaik atau sel surya sehingga ada yang kita kenal dengan nama PLTS (Pembangkit LIstrik Tenaga Surya).
Kemudian juga ada energi listrik, energi gerak, energi kalor, energi kimia, energi potensial dll. Bentuk-bentuk energi ini bisa berubah dari satu bentuk energi ke bentuk yang lain sedangkan jumlah besarnya energi adalah tetap. Hal ini di kenal dengan prinsip ”kekekalan energi” yaitu energi tidak bisa di ciptakan dan tidak bisa di musnahkan.jadi dengan menggunakan konsep-konsep ilmu fisika berbagi macam bentuk energi menjadi bentuk energi yang lain yang kita butuhkan dalam kehidupan kita. Dengan demikian konsep fisika perlu dipelajari secara luas di masyarakat apalagi dari usia dini sehingga ada suatu ketertarikan pada ilmu fisika dan dapat mengembangkannya di kemudian hari.
                  Prospek ke depannya dalam mencari solusi akan krisis energi ini, kita bisa menerapkan prinsip-prinsip fisika. Energi utama seperti listrik dan bahan bakar minyak yang semakin tak mampu memenuhi kebutuahan kita akan energi bisa kita tambah jumlahnya dengan mencari sumber energi bentuk lain yang dengan konsep fisika bisa diubah menjadi energi listrik dan energi listrik ini bisa menukarkan pentingnya posisi BBM.

d.    Kesimpulan dan Saran
      1. Kesimpulan
          Adapun kesimpulan dari pembahasan diatas adalah :
a)      Ada berbagai macam bentuk energi.
b)      Kita perlu menghemat energi dari sekarang.
c)      Dengan mengguanakan konsep fisika kita bisa mengubah energi dari satu bentuk ke bentuk yang lain.
2. Saran
   Bila memungkinkan akan lebih baik bila dilakukan pratikum sederhana, sehingga proses belajar menjadi lebihmenarik dan lebih mudah dipahami..

e.     Lampiran

















                       PROGRAM KERJA INDIVIDU
                        MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA UNIB
                                                 PERIODE 61 TAHUN 2010
         Desa           : Gajah Mati
                Kecamatan : Karang Tinggi
                      Kabupaten   : Bengkulu Tengah

Nama                            : SRI WAHYU WIDYANINGSIH
NPM                           : A1E007012
Program studi             : FISIKA
Fakultas                       : KIP
Pembelajaran IV         : ENERGI

Nama Anggota Kelompok Binaan
Hari                 : Kamis
Tanggal           : 15 Juli 2010
Tempat            : Sekretariat KKN UNIB Desa Gajah Mati

NO
NAMA
ALAMAT
KELAS
UMUR
PARAF
KET
1.
Eka Setianingsih
Gajah Mati
VII
12 Tahun


2.
Devi Susanti
Gajah Mati
VII
12 Tahun


3.
Trya Verenika
Gajah Mati
VII
12 Tahun


4.
Elvi Riani
Gajah Mati
VII
12 Tahun


5.
Lesi Hermiati
Gajah Mati
VII
12 Tahun


6.
Nike Yusikai
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


7.
Sinta Marcu Diana
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


8.
Nurul Aini
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


9.
Erie Afrilia
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


10.
Rita Agustina
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


11.
Rani puspita sari
Gajah Mati
IX
14 Tahun


12.
Jumadil Fitri
Gajah Mati
IX
14 Tahun


13.
FohahanDwi Adfeni
Gajah Mati
IX
14 Tahun


14.
Maria Eka Septiani
Gajah Mati
IX
15 Tahun


                                                                                                                                                                                                                                                           Gajah Mati,    Juli 2010
                                                                                                     Koordinator Desa
Kepala Desa Gajah Mati



Niswar                                                                               Robi Sugara                                                                                                                                                                                                                                                                              
                                                                                        NPM. F1A006045



                                                KULIAH KERJA NYATA
                        UNIVERSITAS BENGKULU PERIODE 61
                         TANGGAL 1 JULI s/d 31 AGUSTUS 2010
                           Desa Gajah Mati Kecamatan Karang Tinggi
                        Kabupaten Bengkulu Tengah
 

Pertemuan                              : IV
Hari / Tanggal                        : Kamis / 5 Agustus 2010
Waktu                                     : 15.30 – 17.30
Tempat                                   : Sekretariat KKN UNIB Desa Gajah Mati
Materi Pembelajaran            : ENERGI
Hasil Pembelajaran               :

*      Pertanyaan :
1.      Sebutkan contoh tentang perubahan energi dalam kehidupan sehari – hari ?

*      Pembahasan :
1.      Contohnya yaitu misalnya kipas angin yang dari energi kalor ke energi gerak, kincir angin dari energi gerak menjadi energi listrik.







                                                                                          Koordinator kegiatan



                                                                                  SRI WAHYU WIDYANINGSIH                                                                                          
                                                                                             NPM. A1E107015




                         KULIAH KERJA NYATA
                        UNIVERSITAS BENGKULU PERIODE 61
                         TANGGAL 1 JULI s/d 31 AGUSTUS 2010
                           Desa Gajah Mati Kecamatan Karang Tinggi
                        Kabupaten Bengkulu Tengah


                               DOKUMENTASI PERTEMUAN IV
Materi pembelajaran : ENERGI
Tanggal                       : 5 Agutus 2010
Tempat                        : Sekretariat KKN UNIB Desa Gajah Mati

Foto Kegiatan



PERTEMUAN V

A.    Topik

    ”CARA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR”


B.  Justifikasi kegiatan

          1. Latar Belakang

Desa Gajah Mati merupakan desa yang luas terdiri dari 3 dusun yang saat ini telah mengalami pemekaran. Didesa ini hanya mempunyai satu SMP negeri yaitu SMP 2 gajah mati Karang Tinggi. Di Smp ini memiliki 3 ruang belajar dan 1 ruang guru beserta ruang kepala sekolah yang digabung serta.
Pada umumnya dapat kita lihat ada siswa yang senang memperhatikan bila di menjelaskan suatu materi, ada juga siswa yang senang belajar jika dijelaskan jelaskan dengan menggunakan gambar, ada juga siswa yang senang belajar jika diberi kesempatan untuk bertanya jawab, tetapi ada juga siswa yang suka belajar bila ia diberi kesempatan untuk melakukan sesuatu , dan seterusnya.
Menurut Thomas Amstrong, kita tidak dapat memberi label mereka sebagai “pebelajar verbal”.atau”pebelajar visual”  atau “pebelajar kinestetis” dan seterusnya, karena tujuan dari suatu kegiatan pembelajaran adalah untuk memperluas dan mengembangkan inteligensi/kecerdasan anak. Ilustrasi tersebut memberikan gambaran bahwa kita sudah siap belajar. Sekarang tugas kita sebagai orang guru adalah bagaimana menciptakan suasana belajar yang dapat menimbulkan motivasi belajar  sehingga siswa tertarik memahami suatu materi yang akan disampaikan.
Salah satu tujuan pendidikan adalah menghasilkan siswa yang mempunyai semangat untuk terus belajar seumur hidup, penuh rasa ingin tahu dan keinginan untuk menambah ilmu, meskipun pendidikan formal mereka telah berakhir. Kunci untuk mewujudkan semua itu adalah adanya motivasi yang kuat dan terpelihara dalam diri siswa untuk belajar. Sebagai guru senantiasa dihadapkan dengan persoalan anak didik, terutama mengenai rendahnya motivasi anak untuk belajar.Menghadapi hal semacam ini sebagai guru tidak harus dapat mendorong anak agar tetap belajar dengan rajin. Untuk itulah kita sebagai pengajar perlu memberi motivasi dalam diri siswa dan berusaha mengelolanya dengan baik untuk membantu mereka agar rajin belajar tanpa harus dipaksakan.
Ø  Adapun cara yang dapat dilakukan untuk menimbulkan motivasi belajar yang dapat menarik minat belajar anak yaitu :
Ø  Memberikan sebuah pertanyaan yang menyangkut materi yang akan diajarkan
Ø  Membawa alat percobaan atau melakukan demonstrasi yang berhubungan dengan materi yang diajarkan
Ø  Ikut melibatkan siswa pada saat eksperimen berlangsung, agar siswa lebih memahami

2.      Permasalahan

         Dari latar belakang diatas,maka permasalahan yang dapat diangkat yaitu :
        “Bagaimana cara menimbulkan motivasi belajar pada siswa ?”.

3.      Tujuan

Ø   Mahasiswa dapat menyumbangkan tenaga dan pemikirannya dan menerapkan ilmu yang ia dapat selama di bangku kuliah.
Ø   Supaya tenaga pengajar dapat menciptakan suasana belajar anak yang bisa menimbulkan motivasi belajar pada anak.

B.     Pembahasan
Pertemuan kema Bimbingan Belajar Fisika diselenggarakan pada hari kamis tanggal 12 Agstus 2010 pukul 15.30 sampai 17.30 WIB bertempat di sekretarian KKN UNIB periode 61 desa Gajah Mati. Materi yang di bahas dalam pertemuan ini adalah Cara Meningkatkan Motivasi Belajar.
Pada pertemuan ini peserta yang hadir berjumlah 11 orang, peserta lain tidak dapat hadir tanpa ada keterangan an ada juga yang izin. Di sini masalah terbesar yang dirasakan oleh pengajar, yaitu cara yang tepat untuk membuat anak termotivasi untuk belajar.
Respon dari peserta Bimbel sangatlah baik, disini dibahas berbagai masalah dan fenomena mengenai cara untuk meningkatkan motivasi belajar. Peserta juga sangat aktif dalam berdiskusi dan mengajukan pertanyaan mengenai topik yang di bahas. Di akhir pertemuan juga di adakan kuis untuk melihat seberapa banyak informasi yang dapat ditangkap oleh peserta.
Setelah di laksanakan pembahasan mengenai Cara Meningkatkan Motivasi Belajar ini diharapkan peserta menjadi lebih termotivasi untuk belajar dan meneruskan penddikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Di Desa Gajah Mati hanya memiliki beberapa siswa, jadi untuk memberi motivasi belajar agak susah. Tetapi dari siswa sendiri memang tidak adanya motivasi dari diri mereka untuk belajar hanya sebagian kecil yang benar-benar termotivasi untuk belajar. Ini mugkin dikarenakan dari faktor orang tua mereka yang kebanyakan tidak tamat sekolah, bahkan masih ada yang banyak tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi . Hal ini diakibatkan karena ekonomi yang sangat rendah dan jarak lokasi sekolah dari rumah sangat jauh. Untuk itu sangat diperlukannya motivasi sekolah khususnya dalam hal belajar.
Salah satunya dengan menciptakan suasana yang dapat mendukung proses pembelajaran atau dengan memberi pertanyaan secara bergiliran sehingga setiap anak memiliki kesempatan untuk mengutarakan pendapatnya. Cara lain yang boleh dicoba yaitu dengan memberikan permen untuk setiap jawaban yang benar.
Setiap anak mempunyai potensi atau tingkat kecerdasan  berbeda-beda. Sebagai tenaga pengajar kita perlu mengetahui seberapa besar potensi yang ada pada anak. Untuk itu kita perlu memberi motivasi belajar pada anak, setelah itu dapat dikembangkan kecerdasannya. Sebagian besar orang tua siswa di Desa Gajah Mati bekerja sebagai petani dan berkebun.
Mereka bekerja mulai dari pagi sampai sore sehingga mereka kurang memperhatikan pendidikan anak-anak mereka. Pada malam hari para orang tua sudah kelelahan bekerja sehingga tidak dapat lagi membantu anak-anak mereka belajar, akibatnya anak-anak mereka merasa tidak diperhatikan oleh orang tua sehingga anak-anak mereka sekolah hanya sekedar sekolah tanpa ada target untuk meningkatkan prestasi belajar atau bisa dikatakan mendapat peringkat dikelas.
Selain itu dapat pula dijelaskan bahwa mereka harus sedikit lebih maju dari orang tua mereka jika perlu harus jauh lebih maju lagi. Mereka harus membawa perubahan baik untuk diri mereka sendiri maupun bagi orangtua mereka. Selain itu diperlukan pula dorongan atau dukungan dari orang tua mereka yang dapat membangkitkan semangat mereka. Dari pengamatan,anak yang mempunyai motivasi belajar yang tinggi mempunyai prestasi belajar yang bagus pula. Hal ini bisa kita lihat saat penerimaan raport atau saat guru memberikan tugas dirumah.Anak-anak yang diberi motivasi dengan anak-anak yang tidak diberi motivasi oleh orang tua mereka mempunyai nilai yang sangat jauh sekali bedanya.

d.      Kesimpulan dan Saran

1.      Kesimpulan
Adapun kesimpulan yang dapat penulis berikan yaitu :
¨      Motivasi merupakan dorongan, baik yang datang dari dalam maupun dari luar anak,untuk mencapai tujuan tertentu guna memenuhi atau memuaskan suatu kebutuhan.
¨      Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk menimbulkan motivasi belajar pada anak oleh guru antara lain dengan memberi hadiah brupa permen atau yang lain untuk setiap jawaban yang benar.
¨       Anak yang mempunyai motivasi belajar yang kuat tentunya juga berpengaruh pada prestasi belajarnya.

2.      Saran

Diharapkan para pengajar bisa menciptakan suasana belajar yang telah penulis uraikan tadi guna menimbulkan motivasi pada anak.

e. Lampiran














                        PROGRAM KERJA INDIVIDU
                        MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA UNIB
                                                 PERIODE 61 TAHUN 2010
         Desa           : Gajah Mati
                Kecamatan : Karang Tinggi
                      Kabupaten   : Bengkulu Tengah

Nama                            : SRI WAHYU WIDYANINGSIH
NPM                           : A1E007012
Program studi              : FISIKA
Fakultas                       : KIP
Pembelajaran V           : CARA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

Nama Anggota Kelompok Binaan
Hari                 : Kamis
Tanggal           : 15 Juli 2010
Tempat            : Sekretariat KKN UNIB Desa Gajah Mati

NO
NAMA
ALAMAT
KELAS
UMUR
PARAF
KET
1.
Eka Setianingsih
Gajah Mati
VII
12 Tahun


2.
Devi Susanti
Gajah Mati
VII
12 Tahun


3.
Trya Verenika
Gajah Mati
VII
12 Tahun


4.
Elvi Riani
Gajah Mati
VII
12 Tahun


5.
Lesi Hermiati
Gajah Mati
VII
12 Tahun


6.
Nike Yusikai
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


7.
Sinta Marcu Diana
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


8.
Nurul Aini
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


9.
Erie Afrilia
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


10.
Rita Agustina
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


11.
Rani puspita sari
Gajah Mati
IX
14 Tahun


12.
Jumadil Fitri
Gajah Mati
IX
14 Tahun


13.
FohahanDwi Adfeni
Gajah Mati
IX
14 Tahun


14.
Maria Eka Septiani
Gajah Mati
IX
15 Tahun


                                                                                                                                                                                                                                                           Gajah Mati,    Juli 2010
                                                                                                     Koordinator Desa
Kepala Desa Gajah Mati



Niswar                                                                               Robi Sugara                                                                                                                                                                                                                                                                              
                                                                                        NPM. F1A006045



                                               KULIAH KERJA NYATA
                        UNIVERSITAS BENGKULU PERIODE 61
                        TANGGAL 1 JULI s/d 31 AGUSTUS 2010
                           Desa Gajah Mati Kecamatan Karang Tinggi
                        Kabupaten Bengkulu Tengah
 

Pertemuan                              : V
Hari / Tanggal                        : kamis / 12 Agustus 2010
Waktu                                     : 15.30 – 17.30
Tempat                                   : Sekretariat KKNUNIB Desa Gajah Mati
Materi Pembelajaran            : CARA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR”
Hasil Pembelajaran               :

*      Pertanyaan :
1.      Apa yang menyebabkan motivasi belajar siswa sering berkurang?
2.      Bagaimana cara membangkitkan motivasi belajar ?
*      Pembahasan :
1.      Yang menyebabkan motivasi belajar siswa berkurang yaitu : adanya sifat malas yang berlebihan, tidak ingin maju, kurang adanya perhatian dari orangtua, kurangnya sarana dan prasarana dalam belajar, adanya masalah pribadi yang belum terpecahkan, kurang bergaul dengan buku.
2.      Cara membangkitkan motivasi belajar : harus membangkitkan sifat optimis dan ingin lebih baik, kurangi rasa malas dan jauhi hal – hal yang bisa membuat kita terlena agar tidak belajar, punya aktivitas positif yang bisa membangkitkan mtivasi belajar, harus lebih banyak bersosialisasi dengan orang tua dirumah.


                                                                                          Koordinator kegiatan


                                                                                          
                                                                                  SRI WAHYU WIDYANINGSIH                                                                                         
                                                                                             NPM. A1E107015



                        KULIAH KERJA NYATA
                        UNIVERSITAS BENGKULU PERIODE 61
                         TANGGAL 1 JULI s/d 31 AGUSTUS 2010
                           Desa Gajah Mati Kecamatan Karang Tinggi
                        Kabupaten Bengkulu Tengah


                               DOKUMENTASI PERTEMUAN V
Materi pembelajaran : ”CARA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR”
Tanggal                        : 12 Agustus 2010
Tempat                         : Sekretariat KKN UNIB Desa Gajah Mati

Foto Kegiatan

                        

PERTEMUAN VI

a.      Topik
“CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA”

b.      Justifikasi Kegiatan
1.      Latar Belakang
Desa Gajah Mati merupakan desa yang sudah mendapat aliran listrik namun sering mati, tetapi sebagian juga memang tidak dialiri listrik karena factor ekonomi yang sangat rendah. Sedangkan yang tidak memanfaatkan tenaga listrik mereka menggunakan lampu petromak sebagai penerang di waktu malam. Walaupun demikian, materi ini sangat tepat untuk disampaikan kepada siswa. Dalam situasi yang gelap kita tidak dapat melihat benda-benda apapun. Tetapi jika kita menggunakan senter atau lampu, benda itu akan terlihat. Karena cahaya yang dipancarkan lampu atau senter menerangi ruangan. Semua cahaya berasal dari sumber cahaya. Semua benda yang dapat memancarkan cahaya disebut sumber cahaya. Sebagai contoh matahari, bintang, api, lampu dan kilat.
2.      Permaslahan
Berdasarkan latar belakang diatas maka permasalahnya adalah “apa saja sifat-sifat cahaya”
3.      Tujuan
Tujuan dari penyampaian materi ini adalah untuk menambah pengetahuan kepada siswa mengenai sifat-sifat cahaya

c.       Pembahasan
Pertemuan terakhir atau pertemuan ke lima Bimbingan Belajar Fisika diselenggarakan pada hari kamis tanggal 19 Agustus 2010 pukul 15.30 sampai 17.30 WIB bertempat di sekretarian KKN UNIB periode 61 desa Gajah Mati. Materi yang di bahas dalam pertemuan ini adalah Cahaya dan Sifat-Sifatnya. Selain materi juga langsung diadakan perpisahan dan penutupan kegiatan bimbel fisika.
Pada pertemuan ini peserta yang hadir berjumlah 11 orang, peserta lain tidak dapat hadir tanpa ada keterangan. Di sini masalah terbesar yang dirasakan oleh pengajar, yaitu masalah sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk mempermudah dalam menjelaskan materi.
Respon dari peserta Bimbel sangatlah baik, disini dibahas berbagai masalah dan fenomena mengenai cahaya dan sifat-sifatnya yang ada di sekitar kita. Peserta juga sangat aktif dalam berdiskusi dan mengajukan pertanyaan mengenai topik yang di bahas. Di akhir pertemuan juga di adakan kuis untuk melihat seberapa banyak informasi yang dapat ditangkap oleh peserta.
Materi yang di sampaikan dalam diskusi tersebut secara umum adalah sebagai berikut:
Sifat-sifat cahaya:
Ø  Cahaya merambat lurus
Jika diperhatikan cahaya matahari akan tampak berkas cahayanya merambat lurus. Cahaya matahari yang masuk kedalam suatu ruangan atau celah-celah rumah yang gelap akan tampak seperti batang-batang putih yang lurus. Tetapi jika diberi penghalang seperti karton atau tembok, maka berkas cahaya tidak dapat terlihat..
Ø  Cahaya menembus benda bening
Benda-benda yang dapat ditenbus oleh cahaya disebut benda bening. Benda-benda yang tidak dapat ditembus oleh cahaya disebut benda gelap. Jika pada air keruh, cahaya matahari tidak dapat menembusnya.
Ø  Cahaya dapat dibiaskan
Bila cahaya merambat pada dua medium yang berbeda, misalnya dari suatu zat ke zat lain yang kerapatannya berbeda, maka cahaya tersebut mengalami pembiasan atau pembelokkan. Mediun adalah zat perantara yang dilalui. Kerapatan zat berbeda-beda. Kerapatan gelas bening lebih besar daripada kerapatan air jernih. Kerapatan air jernih lebih besar daripada kerapatan udara.
Jika sebagian pensil dimasukkan akan kelihatan seperti patah. Hal ini dikarenakan bagian pensil yang tercelup tersebut terlihat lebih tinggi dari kedudukan yang sebenarnya. Cahya dari sebagian pensil yang tercelup, ketika keluar ke udara dibidang batas dibiaskan menjauhi garis normal.



d.      Kesimpulan dan Saran
1.      Kesimpulan
            Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa :
1.      Cahaya berasal dari sumber cahaya
2.      Cahaya dapat menembus benda bening, misalnya gelas kaca yang bening
3.      Sifat-sifat cahaya antara lain cahaya merambat lurus, dapat menembus benda bening, dan dapat dibiaskan
2.      Saran
Sebaiknya untuk menunjang pemahaman materi ini dilakukan percobaan, tetapi karena alatnya tidak memungkinkan sehingga pemahaman materi ini tidak dapat sepenuhnya dimengerti oleh siswa.

e. Lampiran




















                        PROGRAM KERJA INDIVIDU
                        MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA UNIB
                                                 PERIODE 61 TAHUN 2010
         Desa           : Gajah Mati
                Kecamatan : Karang Tinggi
                      Kabupaten   : Bengkulu Tengah

Nama                            : SRI WAHYU WIDYANINGSIH
NPM                           : A1E007012
Program studi              : FISIKA
Fakultas                       : KIP
Pembelajaran VI         : CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA

Nama Anggota Kelompok Binaan
Hari                 : Kamis
Tanggal           : 15 Juli 2010
Tempat            : Sekretariat KKN UNIB Desa Gajah Mati

NO
NAMA
ALAMAT
KELAS
UMUR
PARAF
KET
1.
Eka Setianingsih
Gajah Mati
VII
12 Tahun


2.
Devi Susanti
Gajah Mati
VII
12 Tahun


3.
Trya Verenika
Gajah Mati
VII
12 Tahun


4.
Elvi Riani
Gajah Mati
VII
12 Tahun


5.
Lesi Hermiati
Gajah Mati
VII
12 Tahun


6.
Nike Yusikai
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


7.
Sinta Marcu Diana
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


8.
Nurul Aini
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


9.
Erie Afrilia
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


10.
Rita Agustina
Gajah Mati
VIII
13 Tahun


11.
Rani puspita sari
Gajah Mati
IX
14 Tahun


12.
Jumadil Fitri
Gajah Mati
IX
14 Tahun


13.
FohahanDwi Adfeni
Gajah Mati
IX
14 Tahun


14.
Maria Eka Septiani
Gajah Mati
IX
15 Tahun


                                                                                                                                                                                                                                                           Gajah Mati,    Juli 2010
                                                                                                     Koordinator Desa
Kepala Desa Gajah Mati



Niswar                                                                               Robi Sugara                                                                                                                                                                                                                                                                              
                                                                                        NPM. F1A006045



                         KULIAH KERJA NYATA
                        UNIVERSITAS BENGKULU PERIODE 61
                         TANGGAL 1 JULI s/d 31 AGUSTUS 2010
                           Desa Gajah Mati Kecamatan Karang Tinggi
                        Kabupaten Bengkulu Tengah
 


Pertemuan                              : VI
Hari / Tanggal                        : Kamis / 19 Agustus 2010
Waktu                                     : 15.30 – 17.30
Tempat                                   : Sekretariat KKN UNIB Desa Gajah Mati
Materi Pembelajaran            : “CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA

Hasil Pembelajaran                  :

*      Pertanyaan :
1.      Sebutkan macam – macam dari sifat cahaya?




*      Pembahasan :
1.      Sifat – sifat cahaya adalah :
·         merambat lurus di dalam medium
·         dapat mengalami pembiasan dan pemantulan
·         dapat mengalami interferensi yaitu mengalami peristiwa perpaduan   dua gelombang atau lebih
·         dapat mengalami pelenturan atau difraksi, yaitu peristiwa hamburan gelombang ke segala arah ketika melewati celah  kecil



                                                                                          Koordinator kegiatan



                                                                                  SRI WAHYU WIDYANINGSIH                                                                                         
                                                                                             NPM. A1E107015




                         KULIAH KERJA NYATA
                        UNIVERSITAS BENGKULU PERIODE 61
                         TANGGAL 1 JULI s/d 31 AGUSTUS 2010
                           Desa Gajah Mati Kecamatan Karang Tinggi
                        Kabupaten Bengkulu Tengah
                              
DOKUMENTASI PERTEMUAN VI
Materi pembelajaran : “CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA”
Tanggal                        : 19 Agustus 2010
Tempat                         : Sekretarat KKN UNIB Desa gajah mati

Foto Kegiatan           






Tidak ada komentar:

Posting Komentar