LAPORAN INDIVIDU
UPAYA
PEMBINAAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA CINTA FISIKA
DAN
MEMBANTU MENGAJAR DI SMPN 2 KARANG
TINGGI DESA GAJAH MATI
MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA (KKN)
UNIVERSITAS BENGKULU
PERIODE KE-61 ( 1 JULI – 31 AGUSTUS
2010 )
DI
DESA GAJAH MATI
KECAMATAN KARANG TINGGI
KABUPATEN BENGKULU TENGAH
OLEH:
SRI WAHYU
WIDYANINGSIH
AIE007012
PUSAT PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN KKN
LEMBAGA PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
UNIVERSITAS BENGKULU
2010
TEKNOLOGI YANG DITERAPKAN
Adapun teknologi yang diterapkan
dalam Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Bengkulu Periode 61 Tahun 2010
Desa Air Sebakul Yaitu :
1. Teknik
partisipasi, yaitu suatu teknik pendekatan
dimana Mahasiswa bekerjasama
dengan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan secara bersama- sama.
2. Teknik
Tatap Muka, yaitu Mahasiswa dalam menyampaikan materi dengan bertatap muka
secara langsung dengan masyarakat.
3. Teknik
Demonstrasi, yaitu mahasiswa melakukan peragaan mengenai materi- materi yang
akan disampaikan kepada masyarakat, sehingga mereka dapat melihat secara
langsung proses pelaksanaan secara berurutan dan diharapkan nantinya mereka
dapat terdorong dan termotivasi untuk menerapkannya.
DAFTAR ISI
JUDUL KEGIATAN............................................................................................. i
HALAMAN PENGESAHAN.............................................................................. ii
KATA PENGANTAR......................................................................................... iii
DAFTAR ISI.......................................................................................................... v
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii
DAFTAR GAMBAR........................................................................................... ix
BIMBINGAN
BELAJAR FISIKA
PERTEMUAN I. PENGENALAN
UMUM TENTANG FISIKA
- Topik Diskusi................................................................................................. 1
- Justifikasi Kegiatan........................................................................................ 1
- Pembahasan.................................................................................................... 1
- Kesimpulan dan Saran................................................................................... 2
- Lampiran (Daftar hadir, Notulensi Diskusi, Foto dan Keterangan).............. 2
PERTEMUAN II. TATA SURYA
A. Topik Diskusi.................................................................................................. 5
B. Justifikasi Kegiatan......................................................................................... 5
C. Pembahasan..................................................................................................... 5
D. Kesimpulan dan Saran.................................................................................... 6
E. Lampiran (Daftar hadir, Notulensi Diskusi, Foto dan
Keterangan)................ 6
PERTEMUAN III. BENDA DAN SIFATNYA
- Topik Diskusi................................................................................................. 11
- Justifikasi Kegiatan........................................................................................ 11
- Pembahasan.................................................................................................... 11
- Kesimpulan dan Saran................................................................................... 12
- Lampiran (Daftar hadir, Notulensi Diskusi, Foto dan Keterangan).............. 12
PERTEMUAN IV ENERGI
- Topik Diskusi................................................................................................. 16
- Justifikasi Kegiatan........................................................................................ 16
- Pembahasan.................................................................................................... 16
- Kesimpulan dan Saran................................................................................... 18
- Lampiran (Daftar hadir, Notulensi Diskusi, Foto dan Keterangan).............. 18
PERTEMUAN V CARA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR
- Topik Diskusi................................................................................................. 22
- Justifikasi Kegiatan........................................................................................ 22
- Pembahasan.................................................................................................... 23
- Kesimpulan dan Saran................................................................................... 25
- Lampiran (Daftar hadir, Notulensi Diskusi, Foto dan Keterangan).............. 25
PERTEMUAN VI. CAHAYA DAN
SIFAT-SIFATNYA
- Topik Diskusi................................................................................................. 29
- Justifikasi Kegiatan........................................................................................ 29
- Pembahasan.................................................................................................... 29
- Kesimpulan dan Saran................................................................................... 31
- Lampiran (Daftar hadir, Notulensi Diskusi, Foto dan Keterangan).............. 31
TEKNOLOGI YANG DILAKUKAN
LAMPIRAN
DAFTAR
LAMPIRAN
- Surat keterangan telah melaksanakan Kuliah kerja Nyata ( KKN )
- Surat Permohonan Izin melaksanakan Bimbingan Belajar Fisika
- Surat keterangan telah melaksanakan Bimbingan Belajar Fisika
- Surat Permohonan Izin melaksanakan program membantu mengajar di SMP.N.2 Gajah mati Karang Tinggi
- Surat keterangan telah melaksanakan program membantu mengajar di SMP.N.2 Gajah mati Karang Tinggi
- Kalender Kerja Kelompok Binaan
- Teknologi yang diterapkan
- Foto kegiatan individu
- Notulensi diskusi
- Penetapan Masalah
- Rencana Kegiatan
- Peta Desa Gajah Mati
DAFTAR GAMBAR
Gambar 1. Peta Desa gajah
Mati
Gambar 2. Foto kegiatan Individu KKN UNIB periode 61 Tahun
2010.
KATA PENGANTAR
Puji dan
Syukur saya ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat
dan karunia-Nya sehingga dapat menyelesaikan laporan akhir individu Kuliah
Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Bengkulu Periode 61 tahun 2010 yang
berlokasi di Desa Gajah Mati Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah selama dua bulan, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 1
Juli – 31 Agustus 2010.
Kuliah
Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan intrakurikuler yang merupakan
bagian integral dari kurikulum pendidikan tinggi dan wajib diikuti oleh
mahasiswa program sarjana Stratum 1 (S1). Keberadaan mahasiswa di desa ini
adalah menjalankan program-program yang telah direncanakan dan terstruktur dari
hasil observasi. Sehingga secara langsung mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN)
ikut ambil bagian dalam membantu mencari solusi pemecahan untuk setiap
masalah-masalah tersebut.
Keberhasilan
pelaksanaan program dan penyuysunan laporan individu tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Untuk itu dengan
segala kerendahan hati, saya banyak mengucapkan terima kasih kepada:
1. Bapak Zainal Muktamar Ph. D selaku Rektor
Universitas Bengkulu
2. Tim
P3KKN Universitas Bengkulu Periode 61 tahun 2010
3. Bapak Agustin Zarkani, SP, M.Si, selaku dosen pembimbing lapangan
4. Bapak Niswar, selaku kepala desa Gajah Mati
5. Bapak A. Munir selaku Camat Kecamatan Karang Tinggi
6.
Teman-teman
satu kelompok (Kak Rino,
Kak Robi, Yuk Nenk, kak Bambang, Josi, Chindhi, dan Bang Octa) atas bantuan dan sarannya
yang tidak akan pernah saya lupakan.
7. Dan semua masyarakat desa Gajah
Mati serta semua pihak yang telah
membantu sehingga penulisan laporan awal ini dapat terselsaikan, semoga Allah
SWT membalas semua kebaikan dan mendapat keridho’an. Amiin.
Akhirnya tim
penyusun berharap semoga laporan kelompok ini dapat berguna dan bermanfaat bagi
semua pihak yang berkepentingan.
Di dalam penulisan laporan
individu ini penulis masih merasakan adanya kekurangan, hal ini dikarenakan
keterbatasan yang dimiliki penulis. Atas dasar itulah maka saran dan kritik
yang sifatnya memberikan dorongan dari semua pihak sangat penulis harapkan demi
perbaikan selanjutnya, harapan penulis semoga laporan individu ini dapat
berguna bagi kita semua.
Bengkulu,
September 2010
SRI WAHYU WIDYANINGSIH
PERTEMUAN I
A. Topik Diskusi
”PENGENALAN UMUM TENTANG FISIKA”
B. Justifikasi Kegiatan
1. Latar Belakang
Dalam
berbagai fenomena yang terjadi di alam sedikit banyak berhubungan dengan
fisika, mulai dari zat dan materi, sifat material, energi dan bahkan teknologi
dapat di jelaskan dengan ilmu Fisika. Fisika pada dasarnya mempunyai peran yang
sangat penting dalam perkembangan teknologi pada saat ini. Banyak masyarakat
yang menganggap bahwa fisika itu sangat sulit terutama oleh para siswa atau
pelajar. Padahal sesungguhnya
fisika itu asyik dan menyenangkan. Fisika merupakan akar atau pangkal tolak
drai suatu teknologi. Sehingga fisika dapat di katakan sebagai cabang ilmu
pengetahuan yang sangat penting, dan mengealkan fisika pada generasi muda juga
merupakan hal yang tak kalah penting, karena fisika dapat di terapkan di
tengah-tengah masyarakat mulai dari yang sederhana sampai yang rumit.
2. Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang diatas maka masalah yang muncul adalah masih adanya siswa yang
menganggap bahwa fisika itu sukar.
3. Tujuan
Adapun
tujuan dari pengenalan tentang fisika ini adalah agar supaya siswa atau pelajar
tahu bagaimana fisika itu sebenarnya.
C.
Pembahasan
Fisika
merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari berbagai sifat
fisis dari suatu zat dan materi, energi, gerak, bahkan tentang dasar-dasar
teknologi. Ada banyak fenomena alam yang bisa dijelaskan dengan ilmu fisika dan
bisa di manfaatkan dalam kehidupan. Jika kita sudah mengenal fisika maka banyak
sekali hal menarik dalam fisika. Untuk kalangan anak-anak konsep fisika yang
sederhana di pahami dengan mudah, misalnya mengapa bisa terjadi hujan, awan
dll. Kemudian dengan fisika
kita bisa memanfaatkan angin, air, hujan unutk kehidupan sehari-hari.
Pertemuan pertama
Bimbingan Belajar Fisika diselenggarakan pada hari kamis tanggal 15 Juli 2010
pukul 15.30 sampai 17.30 WIB bertempat di sekretariat KKN UNIB periode 61 desa
Gajah Mati Kabupaten Karang Tinggi. Materi yang di bahas
dalam pertemuan ini adalah Pengenalan Umum Tentang Fisika.
Peserta Bimbingan
Belajar Fisika ini ada 14 orang yang terdiri dari siswa kelas VII, VIII, dan IX
SMP yang betempat tinggal di sekitar desa Gajah Mati. Peserta terdiri dari 5 orang
siswa kelas VII, 5 orang siswa kelas VIII, dan 4 orang siswa kelas IX. Pada
pertemuan ini peserta yang hadir berjumlah 10 orang, peserta lain tidak dapat
hadir tanpa ada keterangan. Di sinilah masalah terbesar yang dirasakan oleh
pengajar, yaitu masalah kehadiran, selain itu juga masalah sarana dan prasarana
yang dibutuhkan untuk mempermudah dalam menjelaskan materi.
Respon
dari peserta Bimbel sangatlah baik, disini dibahas berbagai masalah dan
fenomena mengenai Fisika yang ada di sekitar kita. Peserta juga sangat aktif
dalam berdiskusi dan mengajukan pertanyaan mengenai topik yang di bahas. Di
akhir pertemuan juga di adakan kuis untuk melihat seberapa banyak informasi
yang dapat ditangkap oleh peserta.
D.
Kesimpulan dan Saran
a. Kesimpulan
Adapun
kesimpulan dari pembahasan diatas adalah bahwa mempekenalkan fisika ditengah
masyarakat khususnya anak-anak sangatlah penting dan konsep fisika dapat
dimulai dari yang sederhana sampai yanng kompleks dapat dimanfaatkan dalam
kehidupan.
b. Saran
Bila
memungkinkan akan lebih baik dilakukan dengan pelatihan, demo atau praktek.
E.
Lampiran
PROGRAM KERJA INDIVIDU
MAHASISWA KULIAH KERJA
NYATA UNIB
PERIODE 61 TAHUN
2010
Desa : Gajah Mati
Kecamatan : Karang Tinggi
Kabupaten : Bengkulu Tengah
Nama : SRI WAHYU WIDYANINGSIH
NPM : A1E007012
Program studi : FISIKA
Fakultas : KIP
Pembelajaran I : PENGENALAN UMUM TENTANG FISIKA
Nama Anggota Kelompok Binaan
Hari : Kamis
Tanggal : 15 Juli 2010
Tempat :
Sekretariat KKN UNIB Desa Gajah Mati
NO
|
NAMA
|
ALAMAT
|
KELAS
|
UMUR
|
PARAF
|
KET
|
1.
|
Eka Setianingsih
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
2.
|
Devi Susanti
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
3.
|
Trya Verenika
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
4.
|
Elvi Riani
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
5.
|
Lesi Hermiati
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
6.
|
Nike Yusikai
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
7.
|
Sinta Marcu Diana
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
8.
|
Nurul Aini
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
9.
|
Erie Afrilia
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
10.
|
Rita Agustina
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
11.
|
Rani puspita sari
|
Gajah Mati
|
IX
|
14 Tahun
|
|
|
12.
|
Jumadil Fitri
|
Gajah Mati
|
IX
|
14 Tahun
|
|
|
13.
|
FohahanDwi Adfeni
|
Gajah Mati
|
IX
|
14 Tahun
|
|
|
14.
|
Maria Eka Septiani
|
Gajah Mati
|
IX
|
15 Tahun
|
|
|
Gajah Mati, Juli 2010
Koordinator Desa
Kepala Desa Gajah Mati
Niswar Robi Sugara
NPM. F1A006045
KULIAH KERJA NYATA
UNIVERSITAS BENGKULU PERIODE
61
TANGGAL 1 JULI s/d 31
AGUSTUS 2010
Desa Gajah Mati
Kecamatan Karang Tinggi
Kabupaten Bengkulu
Tengah
Pertemuan : I
Hari / Tanggal : Kamis / 15 Juli 2010
Waktu : 15.30 – 17.30
Tempat : Sekretariat KKN UNIB Desa Gajah Mati
Materi Pembelajaran : PENGENALAN UMUM TENTANG FISIKA
Hasil Pembelajaran
:
Pertanyaan :
1.
Mengapa kita perlu mempelajari Fisika?
2.
Apa Manfaat Fisika dalam Kehidupan sehari – hari ?
Pembahasan :
1.
Karena fisika merupakan Pelengkap dari semua mata
pelajaran yang ada disekolah sebab setiap peristiwa yang terjadi di sekeliling
kita semuanya merupakan hasil dari kajian ilmu Fisika.
2.
Manfaat ilmu fisika dalam kehidupan sehari – hari
yaitu agar kita bisa menelaah setiap peristiwa tersebut dengan logika kita yang
benar melalui rumus – rumus yang telah ditentukan sebelumnya, sehingga kita
dapat mengetahui kebenaran dan keterkaitan antara keduanya.
Koordinator kegiatan
SRI
WAHYU WIDYANINGSIH
NPM. A1E107015
KULIAH KERJA NYATA
UNIVERSITAS BENGKULU
PERIODE 61
TANGGAL 1 JULI s/d 31
AGUSTUS 2010
Desa Gajah Mati
Kecamatan Karang Tinggi
Kabupaten Bengkulu
Tengah
DOKUMENTASI
PERTEMUAN I
Materi
pembelajaran : PENGENALAN UMUM TENTANG
FISIKA
Tanggal : 15 Juli 2010
Tempat / Kelas :
Sekretariat KKN UNIB Desa Gajah Mati
Foto Kegiatan
PERTEMUAN II
A.
Topik Diskusi
”TATA SURYA”
B.
Justifikasi Kegiatan
1. Latar Belakang
Kejadian terbentuknya jagat raya dapat
diperkirakan berkat penelitian para astronom. Dari penelitian lebih mendalam
sejak berabad lalu hingga kini dapat diketahui pula penyusun tata surya kita.
Planet-palnet dan benda langit lainnya bergerak mengelilingi matahari dengan
orbit tertentu. Gambaran tata surya dapat kita amati dalam dioramanya. Diorama
tata surya dan benda-benda langit itu biasanya ada di panetarium.
Bumi merupakan tempat tinggal kita, yang
merupakan satu-satunya palnet yang dapat ditinggali oleh makhluk hidup dalam
alam semesta. Oleh karena itu siswa-siswa SMP harus dipernalkan tentang bumi
atau dalam arti luasnya yaitu Alam semesta.
2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar
belakang di atas masalah yang diangkat penulis adalah apa yang dimaksud dengan
tata surya.
3. Tujuan
Berdasarkan kenyataan di
lapangan, kegiatan ini bertujuan agar siswa mengetahui tentang apa itu tata
surya.
C.
Pembahasan
Dalam
kegiatan belajar mengajar ini metode yang digunakan adalah metode ceramah.
Pertemuan kedua
Bimbingan Belajar Fisika diselenggarakan pada hari kamis tanggal 22 Juli 2010
pukul 19.00 sampai 21.00 WIB bertempat di sekretarian KKN UNIB periode 61 desa
Gajah Mati. Kegiatan Bimbel yang biasa di laksanakan pada
pukul 15.30 tepaksa di undur karena ada kegiatan kelompok. Materi yang di bahas
dalam pertemuan ini adalah Tata Surya.
Pada
pertemuan ini peserta yang hadir berjumlah 13 orang, peserta lain tidak dapat
hadir tanpa ada keterangan. Respon dari peserta Bimbel sangatlah baik, disini
dibahas berbagai masalah dan fenomena mengenai tata surya. Peserta juga sangat
aktif dalam berdiskusi dan mengajukan pertanyaan mengenai topik yang di bahas.
Di akhir pertemuan juga di adakan kuis untuk melihat seberapa banyak informasi
yang dapat ditangkap oleh peserta.
Kendala
yang dirasakan baik oleh pengajar maupun peserta bimbel adalah kurangnya sarana
dan prasarana seperti model tata surya yang dapat membuat peserta lebih
tertarik mengikuti bimbel ini. Model ini juga dapat membantu peserta agar lebih
mudah memahami keterangan dari pengajar.
Kendala
lain yang dirasakan adalah bervariasinya jenjang pendidikan peserta bimbel
sehingga sulit menentukan materi yang dapat di terima oleh semua siswa, oleh
karena itu pengajar memilih materi yang bersifat umum.
Materi
yang di sampaikan dalam diskusi tersebut secara umum adalah sebagai berikut:
Pada 15
milyar tahun yang lalu, terjadi ledakan dahsyat di langit. Para astronom
menyebutnya Big Bang. Peristiwa ini
mengawali terbentuknya jagat raya. Dan berjuta-juta tahun setalah ”Big Bang”
itu terbentuk galaksi-galaksi, bintang-bintang dan surya-tata surya.
Galaksi
adalah kumpulan berbagai tata surya. Galaksi dalam tata surya kita dikenal
dengan nama galaksi Bima Sakti. Galaksi Bima Sakti adalah salah satu dari
beribu-ribu galaksi yang ada di jagat raya ini.
D. Kesimpulan dan Saran
a. Kesimpulan
Adapun
kesimpulannya adalah siswa-siswa yang berdomilisi di Desa Gajah Mati mengetahui
tentang apa itu tata surya.
b. Saran
Untuk
para orang tua agar memberikan perhatian untuk anak-anak pada saat mereka di
rumah dan selalu mengajarinya di rumah serta selalu menanamkan nilai-nilai
agama yang tinggi dengan pertama-tama menyakinkan bahwa hanya Allah lah yang
menciptakan alam semesta ini beserta isinya.
E.
Lampiran
PROGRAM KERJA
INDIVIDU
MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA UNIB
PERIODE 61 TAHUN
2010
Desa : Gajah Mati
Kecamatan : Karang Tinggi
Kabupaten : Bengkulu Tengah
Nama : SRI WAHYU WIDYANINGSIH
NPM
: A1E007012
Program studi
: FISIKA
Fakultas :
KIP
Pembelajaran II :TATA SURYA
Nama Anggota Kelompok Binaan
Hari : Kamis
Tanggal : 22 Juli 2010
Tempat :
Sekretariat KKN UNIB Desa Gajah Mati
NO
|
NAMA
|
ALAMAT
|
KELAS
|
UMUR
|
PARAF
|
KET
|
1.
|
Eka Setianingsih
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
2.
|
Devi Susanti
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
3.
|
Trya Verenika
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
4.
|
Elvi Riani
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
5.
|
Lesi Hermiati
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
6.
|
Nike Yusikai
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
7.
|
Sinta Marcu Diana
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
8.
|
Nurul Aini
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
9.
|
Erie Afrilia
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
10.
|
Rita Agustina
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
11.
|
Rani puspita sari
|
Gajah Mati
|
IX
|
14 Tahun
|
|
|
12.
|
Jumadil Fitri
|
Gajah Mati
|
IX
|
14 Tahun
|
|
|
13.
|
FohahanDwi Adfeni
|
Gajah Mati
|
IX
|
14 Tahun
|
|
|
14.
|
Maria Eka Septiani
|
Gajah Mati
|
IX
|
15 Tahun
|
|
|
Gajah Mati, Juli 2010
Koordinator Desa
Kepala Desa Gajah Mati
Niswar Robi Sugara
NPM. F1A006045
KULIAH KERJA NYATA
UNIVERSITAS BENGKULU
PERIODE 61
TANGGAL 1 JULI s/d 31
AGUSTUS 2010
Desa Gajah Mati
Kecamatan Karang Tinggi
Kabupaten Bengkulu
Tengah
Pertemuan : II
Hari / Tanggal : Kamis / 22 Juli 2010
Waktu : 19.00-21.00
Tempat
: Secretariat KKN UNIB Desa Gajah Mati
Materi Pembelajaran : TATA SURYA
Hasil Pembelajaran
:
Pertanyaan :
1.
Mengapa planet – planet atau semua tata surya itu
tidak pernah jatuh, apakah yang menyebabkan hal itu bisa terjadi ?
2.
Apa saja yang termasuk ke dalam tata surya itu,
apakah Cuma matahari!! ?
Pembahasan :
1.
Karena yang menyebabakan planet – planet atau semua
tata surya tersebut tidak bisa jatuh yaitu karen adanya gaya tarik bumi atau
sering dikenal dengan gaya gravitasi.
2.
Yang termasuk kedalam tata suya yaitu, Matahari,
Planet, komet , bulan, bintang, meteor, galaksi- galaksi, dll.
Koordinator
kegiatan
SRI
WAHYU WIDYANINGSIH
NPM. A1E107015
KULIAH KERJA NYATA
UNIVERSITAS BENGKULU
PERIODE 61
TANGGAL 1 JULI s/d 31
AGUSTUS 2010
Desa Gajah Mati
Kecamatan Karang Tinggi
Kabupaten Bengkulu
Tengah
DOKUMENTASI
PERTEMUAN II
Materi pembelajaran : TATA SURYA
Tanggal : 22 Juli 2010
Tempat : Sekretariat KKN
UNIB Desa gajah Mati
Foto Kegiatan
PERTEMUAN III
A. Topik Diskusi
”BENDA DAN SIFATNYA”
B. Justifikasi Kegiatan
1. Latar Belakang
Di dalam
ilmu fisika, satuan jumlah panas disebut kalor. Sedangkan ukuran derajat panas disebut suhu. Kalor
juga berarti energi yang diterima atau dilepaskan oleh suatu benda sehingga
suhu benda tersebut naik atau turun atau wujudnya berubah. Jadi kalor merupakan
bentuk energi yang dapat berpindah-pindah. Perpindahan kalor ini dapat menyebabkan
perubahan benda.
Kalor dan
perpindahannya memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Bahkan
sebenarnya tubuh kita adalah mesin kalor, yang mengubah makanan menjadi energi
dan panas tubuh.
2. Rumusan
Masalah
Adapun rumusan masalahnya adalah mengindentifikasi berbagai
benda yang bersifat konduktor atau isolator panas.
3. Tujuan
Mengenal lebih jauh tentang benda dan
sifatnya terutama benda konduktor atau isolator.
C.
Pembahasan
Pertemuan ketiga Bimbingan Belajar Fisika
diselenggarakan pada hari kamis tanggal 29 Juli 2010 pukul 15.30 sampai 17.30
WIB bertempat di sekretarian KKN UNIB periode 61 desa Gajah Mati. Materi yang di bahas dalam pertemuan ini adalah Benda dan Sifatnya.
Pada pertemuan ini
peserta yang hadir berjumlah 10 orang, peserta lain tidak dapat hadir tanpa ada
keterangan. Di sinilah masalah terbesar yang dirasakan oleh pengajar, yaitu
masalah sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk mempermudah dalam
menjelaskan materi Benda dan sifatnya serta hambatan cuaca yang kebetulan hujan.
Respon
dari peserta Bimbel sangatlah baik, disini dibahas berbagai masalah dan
fenomena mengenai materi benda dan sifatnya. Peserta juga sangat aktif dalam
berdiskusi dan mengajukan pertanyaan mengenai topik yang di bahas. Di akhir
pertemuan juga di adakan kuis untuk melihat seberapa banyak informasi yang
dapat ditangkap oleh peserta.
Materi
yang di sampaikan dalam diskusi tersebut secara umum adalah sebagai berikut: Bila
panas mengenai suatu benda, suhu benda itu akan naik. Kemudian panas tersebut
akan menyebar ke bagian yang lain. Setiap benda mampu memindahkan atau
menghantarkan panas, tetapi kecepatan perpindahan panas pada masing-masing
benda tidak sama. Ada yang dengan cepat ada pula yang lambat.
Benda yang mampu menghantarkan panas
dengan cepat berarti ia sebagai penghantar panas yang baik. Sebaliknya, benda
yang tidak mampu memindahkan panas dengan cepat berarti ia sebagai penghantar
panas yang kurang baik. Misalkan setrika listrik dan cerek perebus air.
Benda logam (tembaga dan kawat) sebagai
konduktor panas yang baik. Sedangkan benda non logam (kayu, lidi dan pralon)
sebagai isolator panas yang kurang baik.
Berdasarkan sifat kemampuan penghantar
panas, benda dikelompokkan menjadi dua, yaitu kelompok konduktor panas dan kelompok benda isolator panas. Konduktor adalah setiap benda yang mampu
menghantarkan panas dengan baik. Isolator adalah setiap benda yang tidak mampu
menghantarkan panas dengan baik.
Konduktor atau isolator panas
merupakan dua sifat benda saling berlawanan. Jika sebuah benda bersifat sebagai
konduktor yang baik, maka benda tersebut termasuk isolator yang tidak baik.
D.
Kesimpulan dan Saran
a.
Kesimpulan
Adapun ksimpulan dari
pembahasan diatas adalah :
1. Peserta dapat menagkap informasi dengan
cukup baik.
2. Benda logam merupakan benda konduktor dan benda nonlogam merupakan benda isolator.
3. Konduktor atau isolator saling berlawanan
sifatnya.
b.
Saran
Bila
memungkinkan akan lebih baik dilakukan dengan pelatihan, demo atau praktek.
E.
Lampiran
PROGRAM KERJA
INDIVIDU
MAHASISWA KULIAH KERJA
NYATA UNIB
PERIODE 61 TAHUN
2010
Desa : Gajah Mati
Kecamatan : Karang Tinggi
Kabupaten : Bengkulu Tengah
Nama : SRI WAHYU WIDYANINGSIH
NPM
: A1E007012
Program studi
: FISIKA
Fakultas
: KIP
Pembelajaran III : BENDA DAN SIFATNYA
Nama Anggota Kelompok Binaan
Hari : Kamis
Tanggal : 29 Juli 2010
Tempat :
Sekretariat KKN UNIB Desa Gajah Mati
NO
|
NAMA
|
ALAMAT
|
KELAS
|
UMUR
|
PARAF
|
KET
|
1.
|
Eka Setianingsih
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
2.
|
Devi Susanti
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
3.
|
Trya Verenika
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
4.
|
Elvi Riani
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
5.
|
Lesi Hermiati
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
6.
|
Nike Yusikai
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
7.
|
Sinta Marcu Diana
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
8.
|
Nurul Aini
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
9.
|
Erie Afrilia
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
10.
|
Rita Agustina
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
11.
|
Rani puspita sari
|
Gajah Mati
|
IX
|
14 Tahun
|
|
|
12.
|
Jumadil Fitri
|
Gajah Mati
|
IX
|
14 Tahun
|
|
|
13.
|
FohahanDwi Adfeni
|
Gajah Mati
|
IX
|
14 Tahun
|
|
|
14.
|
Maria Eka Septiani
|
Gajah Mati
|
IX
|
15 Tahun
|
|
|
Gajah Mati, Juli 2010
Koordinator Desa
Kepala Desa Gajah Mati
Niswar Robi Sugara
NPM. F1A006045
KULIAH KERJA NYATA
UNIVERSITAS BENGKULU
PERIODE 61
TANGGAL 1 JULI s/d 31
AGUSTUS 2010
Desa Gajah Mati
Kecamatan Karang Tinggi
Kabupaten Bengkulu
Tengah
Pertemuan : III
Hari / Tanggal : Senin/ 29Juli 2010
Waktu : 15.30 – 17.30
Tempat
: Sekretariat KKN UNIB Desa Gajah mati
Materi Pembelajaran : BENDA DAN SIFATNYA
Hasil Pembelajaran
:
Pertanyaan :
1. Berikan contoh dalam
kehidupan sehari – hari benda yang bersifat konduktor dan tidak konduktor?
2. Apa yang menyebabakan terjadinya kalor ?
Pembahasan :
1.
Untuk benda
yang Konduktor ; Alat elektronik yang tersambung dengan aliran listrik, kompor,
televisi, kulkas, komputer, dll. Lalu untuk yang tidak konduktor yaitu :
plastik, karet, sendal jepit, kayu, kertas, dll.
2. Yang menyebabkan
terjadinya kalor yaitu Bila panas mengenai suatu benda, suhu benda itu akan
naik. Kemudian panas tersebut akan menyebar ke bagian yang lain. Setiap benda mampu
memindahkan atau menghantarkan panas, tetapi kecepatan perpindahan panas pada
masing-masing benda tidak sama. Ada yang dengan cepat ada pula yang lambat.
Koordinator kegiatan
SRI
WAHYU WIDYANINGSIH
NPM. A1E107015
KULIAH KERJA NYATA
UNIVERSITAS BENGKULU
PERIODE 61
TANGGAL 1 JULI s/d 31
AGUSTUS 2010
Desa Gajah Mati
Kecamatan Karang Tinggi
Kabupaten Bengkulu
Tengah
DOKUMENTASI PERTEMUAN III
Materi pembelajaran : BENDA DAN SIFATNYA
Tanggal : 29 Juli 2010
Tempat : Sekretariat KKN
UNIB Desa Gajah mati
Foto Kegiatan
PERTEMUAN IV
a. Topik Diskusi
”ENERGI”
b. Justifikasi Kegiatan
1. Latar Belakang
Dalam lingkungan kita energi sangatlah
penting. Dalam berbagai hal kita menggunakan energi. Begitu juga dalam kehidupan
sehari-hari di desa Gajah Mati pun tidak
lepas dari penggunaan energi, mulai dari energi listrik, energi cahaya, energi
gerak dll. Beberapa bentuk energi ini jumlahnya terbatas dan tidak dapat
diperbaharui. Jadi, dalam penggunaannya kita harus sehemat mungkin karena jika
energi ini habis kita tidak bisa memperbaharuinya gar mendapatkan energi yang
sama dalam waktu singkat.
Dalam
kehidupan kita, sumber energi yang banyak dipakai adalah listrik dan bahan
bakar minyak, selain kedua sumber ini masih ada berbagai sumber lain yang bisa
dimanfaatkan dalam kehidupan kita. Kondisi nyata yang kita hadapi saat sekarang
ini yang tidak bisa kita pungkiri adalah krisis energi bahkan suatu saat mungkin
kita akan kehilangan sumber energi yang selama ini kita manfaatkan. Dalam
konsep fisika, energi terdiri dari berbagai bentuk energi ke bentuk energi yang
lain. Karena energi merupakan hal yang sangat penting maka dalam pertemua ini
pemateri membahas materi mengenai energi.
2. Rumusan Masalah
Energi merupakan suatu pokok bahasan yang penting untuk
dibahas dan kondidi kita saat ini berada dalam krisis energi dan bagaimana kita
bisa mengerti lebih dalam mengenai energi dalam konsep fisika sehingga dengan
prinsip fisika kita bisa mencari solusinya.
3. Tujuan
Mengetahui
lebih dalam mengenai energi dan perubahan bentuknya yang berhubungan dengan
konsep fisika.
c. Pembahasan
Pertemuan keempat Bimbingan Belajar Fisika
diselenggarakan pada hari kamis tanggal 5 Agustus 2010 pukul 15.30 sampai 17.30
WIB bertempat di sekretariat KKN UNIB periode 61 desa Gajah Mati. Materi yang di bahas dalam pertemuan ini adalah Energi mulai dari
bentuk-bentuk energi hingga perubahan bentuk energi.
Pada pertemuan ini
peserta yang hadir berjumlah 10 orang, peserta lain tidak dapat hadir tanpa ada
keterangan ada pula yang izin. Di sinilah masalah terbesar yang dirasakan oleh
pengajar, yaitu masalah sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk mempermudah
dalam menjelaskan materi.
Respon
dari peserta Bimbel sangatlah baik, disini dibahas berbagai masalah dan
fenomena mengenai Energi yang ada di sekitar kita. Di harapkan peserta dapat
memahami bahwa kehidupan kita tak pernak lepas dari energi. Peserta juga sangat
aktif dalam berdiskusi dan mengajukan pertanyaan mengenai topik yang di bahas.
Di akhir pertemuan juga di adakan kuis untuk melihat seberapa banyak informasi
yang dapat ditangkap oleh peserta.
Materi
yang di sampaikan dalam diskusi tersebut secara umum adalah sebagai berikut:
Dalam fisika, ada
berbagai macam bentuk energi yaitu energi matahari, yang merupakan sumber
energi yang tak terbatas jumlahnya, energi matahari ini bisa dimanfaatkan
secara langsung misalnya dalam kehidupan masyarkat digunakan unutk mengeringkan
hasil pertanian. Selain dimanfaatkan secara langsung, energi matahari juga bisa
di ubah menjadi energi listrik dengan menggunakan sel fotovoltaik atau sel
surya sehingga ada yang kita kenal dengan nama PLTS (Pembangkit LIstrik Tenaga
Surya).
Kemudian juga ada
energi listrik, energi gerak, energi kalor, energi kimia, energi potensial dll.
Bentuk-bentuk energi ini bisa berubah dari satu bentuk energi ke bentuk yang
lain sedangkan jumlah besarnya energi adalah tetap. Hal ini di kenal dengan
prinsip ”kekekalan energi” yaitu
energi tidak bisa di ciptakan dan tidak bisa di musnahkan.jadi dengan
menggunakan konsep-konsep ilmu fisika berbagi macam bentuk energi menjadi
bentuk energi yang lain yang kita butuhkan dalam kehidupan kita. Dengan
demikian konsep fisika perlu dipelajari secara luas di masyarakat apalagi dari
usia dini sehingga ada suatu ketertarikan pada ilmu fisika dan dapat
mengembangkannya di kemudian hari.
Prospek ke depannya dalam
mencari solusi akan krisis energi ini, kita bisa menerapkan prinsip-prinsip
fisika. Energi utama seperti listrik dan bahan bakar minyak yang semakin tak
mampu memenuhi kebutuahan kita akan energi bisa kita tambah jumlahnya dengan
mencari sumber energi bentuk lain yang dengan konsep fisika bisa diubah menjadi
energi listrik dan energi listrik ini bisa menukarkan pentingnya posisi BBM.
d. Kesimpulan dan Saran
1. Kesimpulan
Adapun kesimpulan dari pembahasan
diatas adalah :
a) Ada berbagai macam bentuk energi.
b) Kita perlu menghemat energi dari sekarang.
c) Dengan mengguanakan konsep fisika kita bisa
mengubah energi dari satu bentuk ke bentuk yang lain.
2. Saran
Bila memungkinkan akan lebih baik bila
dilakukan pratikum sederhana, sehingga proses belajar menjadi lebihmenarik dan
lebih mudah dipahami..
e.
Lampiran
PROGRAM KERJA
INDIVIDU
MAHASISWA KULIAH KERJA
NYATA UNIB
PERIODE 61 TAHUN
2010
Desa : Gajah Mati
Kecamatan : Karang Tinggi
Kabupaten : Bengkulu Tengah
Nama : SRI WAHYU WIDYANINGSIH
NPM
: A1E007012
Program studi :
FISIKA
Fakultas
: KIP
Pembelajaran IV : ENERGI
Nama Anggota Kelompok Binaan
Hari : Kamis
Tanggal : 15 Juli 2010
Tempat :
Sekretariat KKN UNIB Desa Gajah Mati
NO
|
NAMA
|
ALAMAT
|
KELAS
|
UMUR
|
PARAF
|
KET
|
1.
|
Eka Setianingsih
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
2.
|
Devi Susanti
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
3.
|
Trya Verenika
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
4.
|
Elvi Riani
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
5.
|
Lesi Hermiati
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
6.
|
Nike Yusikai
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
7.
|
Sinta Marcu Diana
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
8.
|
Nurul Aini
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
9.
|
Erie Afrilia
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
10.
|
Rita Agustina
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
11.
|
Rani puspita sari
|
Gajah Mati
|
IX
|
14 Tahun
|
|
|
12.
|
Jumadil Fitri
|
Gajah Mati
|
IX
|
14 Tahun
|
|
|
13.
|
FohahanDwi Adfeni
|
Gajah Mati
|
IX
|
14 Tahun
|
|
|
14.
|
Maria Eka Septiani
|
Gajah Mati
|
IX
|
15 Tahun
|
|
|
Gajah Mati, Juli 2010
Koordinator Desa
Kepala Desa Gajah Mati
Niswar Robi Sugara
NPM. F1A006045
KULIAH KERJA NYATA
UNIVERSITAS BENGKULU
PERIODE 61
TANGGAL 1 JULI s/d 31
AGUSTUS 2010
Desa Gajah Mati
Kecamatan Karang Tinggi
Kabupaten Bengkulu
Tengah
Pertemuan : IV
Hari / Tanggal : Kamis / 5 Agustus 2010
Waktu : 15.30 – 17.30
Tempat
: Sekretariat KKN UNIB Desa Gajah Mati
Materi Pembelajaran : ENERGI
Hasil Pembelajaran
:
Pertanyaan :
1.
Sebutkan contoh tentang perubahan energi dalam
kehidupan sehari – hari ?
Pembahasan :
1.
Contohnya yaitu misalnya kipas angin yang dari
energi kalor ke energi gerak, kincir angin dari energi gerak menjadi energi
listrik.
Koordinator
kegiatan
SRI
WAHYU WIDYANINGSIH
NPM. A1E107015
KULIAH KERJA NYATA
UNIVERSITAS BENGKULU
PERIODE 61
TANGGAL 1 JULI s/d 31
AGUSTUS 2010
Desa Gajah Mati
Kecamatan Karang Tinggi
Kabupaten Bengkulu
Tengah
DOKUMENTASI
PERTEMUAN IV
Materi pembelajaran : ENERGI
Tanggal : 5 Agutus 2010
Tempat : Sekretariat KKN
UNIB Desa Gajah Mati
Foto Kegiatan
PERTEMUAN V
A. Topik
”CARA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR”
B. Justifikasi kegiatan
1. Latar Belakang
Desa Gajah
Mati merupakan desa yang luas terdiri dari 3 dusun yang saat ini telah
mengalami pemekaran. Didesa
ini hanya mempunyai satu SMP negeri yaitu SMP 2 gajah mati Karang Tinggi. Di Smp ini memiliki 3 ruang belajar dan 1 ruang guru beserta ruang
kepala sekolah yang digabung
serta.
Pada
umumnya dapat kita lihat ada siswa yang senang memperhatikan bila di
menjelaskan suatu materi, ada juga siswa yang senang belajar jika dijelaskan
jelaskan dengan menggunakan gambar, ada juga siswa yang senang belajar jika
diberi kesempatan untuk bertanya jawab, tetapi ada juga siswa yang suka belajar
bila ia diberi kesempatan untuk melakukan sesuatu , dan seterusnya.
Menurut
Thomas Amstrong, kita tidak dapat memberi label mereka sebagai “pebelajar
verbal”.atau”pebelajar visual” atau
“pebelajar kinestetis” dan seterusnya, karena tujuan dari suatu kegiatan
pembelajaran adalah untuk memperluas dan mengembangkan inteligensi/kecerdasan
anak. Ilustrasi tersebut memberikan gambaran bahwa kita sudah siap belajar.
Sekarang tugas kita sebagai orang guru adalah bagaimana menciptakan suasana
belajar yang dapat menimbulkan motivasi belajar
sehingga siswa tertarik memahami suatu materi yang akan disampaikan.
Salah satu
tujuan pendidikan adalah menghasilkan siswa yang mempunyai semangat untuk terus
belajar seumur hidup, penuh rasa ingin tahu dan keinginan untuk menambah ilmu,
meskipun pendidikan formal mereka telah berakhir. Kunci untuk mewujudkan semua
itu adalah adanya motivasi yang kuat dan terpelihara dalam diri siswa untuk
belajar. Sebagai guru senantiasa dihadapkan dengan persoalan anak didik, terutama
mengenai rendahnya motivasi anak untuk belajar.Menghadapi hal semacam ini
sebagai guru tidak harus dapat mendorong anak agar tetap belajar dengan rajin.
Untuk itulah kita sebagai pengajar perlu memberi motivasi dalam diri siswa dan
berusaha mengelolanya dengan baik untuk membantu mereka agar rajin belajar
tanpa harus dipaksakan.
Ø
Adapun cara yang dapat dilakukan untuk
menimbulkan motivasi belajar yang dapat menarik minat belajar anak yaitu :
Ø
Memberikan sebuah pertanyaan yang
menyangkut materi yang akan diajarkan
Ø
Membawa alat percobaan atau melakukan
demonstrasi yang berhubungan dengan materi yang diajarkan
Ø Ikut melibatkan siswa pada saat
eksperimen berlangsung, agar siswa lebih memahami
2. Permasalahan
Dari latar belakang diatas,maka
permasalahan yang dapat diangkat yaitu :
“Bagaimana cara menimbulkan motivasi
belajar pada siswa ?”.
3. Tujuan
Ø
Mahasiswa dapat menyumbangkan tenaga dan
pemikirannya dan menerapkan ilmu yang ia dapat selama di bangku kuliah.
Ø
Supaya tenaga pengajar dapat menciptakan suasana
belajar anak yang bisa menimbulkan motivasi belajar pada anak.
B. Pembahasan
Pertemuan kema
Bimbingan Belajar Fisika diselenggarakan pada hari kamis tanggal 12 Agstus 2010
pukul 15.30 sampai 17.30 WIB bertempat di sekretarian KKN UNIB periode 61 desa
Gajah Mati. Materi yang di bahas dalam pertemuan ini
adalah Cara Meningkatkan Motivasi Belajar.
Pada pertemuan ini
peserta yang hadir berjumlah 11 orang, peserta lain tidak dapat hadir tanpa ada
keterangan an ada juga yang izin. Di sini masalah terbesar yang dirasakan oleh
pengajar, yaitu cara yang tepat untuk membuat anak termotivasi untuk belajar.
Respon
dari peserta Bimbel sangatlah baik, disini dibahas berbagai masalah dan
fenomena mengenai cara untuk meningkatkan motivasi belajar. Peserta juga sangat
aktif dalam berdiskusi dan mengajukan pertanyaan mengenai topik yang di bahas. Di
akhir pertemuan juga di adakan kuis untuk melihat seberapa banyak informasi
yang dapat ditangkap oleh peserta.
Setelah di
laksanakan pembahasan mengenai Cara Meningkatkan Motivasi Belajar ini diharapkan peserta menjadi lebih
termotivasi untuk belajar dan meneruskan penddikan ke jenjang yang lebih
tinggi.
Di Desa Gajah Mati hanya memiliki beberapa
siswa, jadi untuk memberi motivasi belajar agak susah. Tetapi dari siswa sendiri
memang tidak adanya motivasi dari diri mereka untuk belajar hanya sebagian
kecil yang benar-benar termotivasi untuk belajar. Ini mugkin dikarenakan dari
faktor orang tua mereka yang kebanyakan tidak tamat sekolah, bahkan masih ada
yang banyak tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi . Hal ini diakibatkan karena
ekonomi yang sangat rendah dan jarak lokasi sekolah dari rumah sangat jauh.
Untuk itu sangat diperlukannya motivasi sekolah khususnya dalam hal belajar.
Salah satunya dengan menciptakan suasana
yang dapat mendukung proses pembelajaran atau dengan memberi pertanyaan secara
bergiliran sehingga setiap anak memiliki kesempatan untuk mengutarakan
pendapatnya. Cara lain yang boleh dicoba yaitu dengan memberikan permen untuk
setiap jawaban yang benar.
Setiap anak mempunyai potensi atau tingkat
kecerdasan berbeda-beda. Sebagai tenaga
pengajar kita perlu mengetahui seberapa besar potensi yang ada pada anak. Untuk
itu kita perlu memberi motivasi belajar pada anak, setelah itu dapat
dikembangkan kecerdasannya. Sebagian
besar orang tua siswa di Desa Gajah Mati bekerja sebagai petani dan berkebun.
Mereka bekerja mulai dari pagi sampai sore sehingga mereka kurang
memperhatikan pendidikan anak-anak mereka. Pada malam hari para orang tua sudah
kelelahan bekerja sehingga tidak dapat lagi membantu anak-anak mereka belajar, akibatnya
anak-anak mereka merasa tidak diperhatikan oleh orang tua sehingga anak-anak
mereka sekolah hanya sekedar sekolah tanpa ada target untuk meningkatkan
prestasi belajar atau bisa dikatakan mendapat peringkat dikelas.
Selain itu dapat pula dijelaskan bahwa
mereka harus sedikit lebih maju dari orang tua mereka jika perlu harus jauh
lebih maju lagi. Mereka harus membawa perubahan baik untuk diri mereka sendiri
maupun bagi orangtua mereka. Selain itu diperlukan pula dorongan atau dukungan
dari orang tua mereka yang dapat membangkitkan semangat mereka. Dari
pengamatan,anak yang mempunyai motivasi belajar yang tinggi mempunyai prestasi
belajar yang bagus pula. Hal ini bisa kita lihat saat penerimaan raport atau
saat guru memberikan tugas dirumah.Anak-anak yang diberi motivasi dengan
anak-anak yang tidak diberi motivasi oleh orang tua mereka mempunyai nilai yang
sangat jauh sekali bedanya.
d. Kesimpulan dan Saran
1. Kesimpulan
Adapun
kesimpulan yang dapat penulis berikan yaitu :
¨
Motivasi merupakan dorongan, baik yang datang
dari dalam maupun dari luar anak,untuk mencapai tujuan tertentu guna memenuhi
atau memuaskan suatu kebutuhan.
¨
Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk
menimbulkan motivasi belajar pada anak oleh guru antara lain dengan memberi
hadiah brupa permen atau yang lain untuk setiap jawaban yang benar.
¨
Anak yang
mempunyai motivasi belajar yang kuat tentunya juga berpengaruh pada prestasi
belajarnya.
2. Saran
Diharapkan para pengajar bisa menciptakan suasana belajar yang telah
penulis uraikan tadi guna menimbulkan motivasi pada anak.
e. Lampiran
PROGRAM KERJA
INDIVIDU
MAHASISWA KULIAH KERJA
NYATA UNIB
PERIODE 61 TAHUN
2010
Desa : Gajah Mati
Kecamatan : Karang Tinggi
Kabupaten : Bengkulu Tengah
Nama : SRI WAHYU WIDYANINGSIH
NPM
: A1E007012
Program studi :
FISIKA
Fakultas
: KIP
Pembelajaran V : CARA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR
Nama Anggota Kelompok Binaan
Hari : Kamis
Tanggal : 15 Juli 2010
Tempat :
Sekretariat KKN UNIB Desa Gajah Mati
NO
|
NAMA
|
ALAMAT
|
KELAS
|
UMUR
|
PARAF
|
KET
|
1.
|
Eka Setianingsih
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
2.
|
Devi Susanti
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
3.
|
Trya Verenika
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
4.
|
Elvi Riani
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
5.
|
Lesi Hermiati
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
6.
|
Nike Yusikai
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
7.
|
Sinta Marcu Diana
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
8.
|
Nurul Aini
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
9.
|
Erie Afrilia
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
10.
|
Rita Agustina
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
11.
|
Rani puspita sari
|
Gajah Mati
|
IX
|
14 Tahun
|
|
|
12.
|
Jumadil Fitri
|
Gajah Mati
|
IX
|
14 Tahun
|
|
|
13.
|
FohahanDwi Adfeni
|
Gajah Mati
|
IX
|
14 Tahun
|
|
|
14.
|
Maria Eka Septiani
|
Gajah Mati
|
IX
|
15 Tahun
|
|
|
Gajah Mati, Juli 2010
Koordinator Desa
Kepala Desa Gajah Mati
Niswar Robi Sugara
NPM. F1A006045
KULIAH KERJA NYATA
UNIVERSITAS BENGKULU
PERIODE 61
TANGGAL 1 JULI s/d 31 AGUSTUS 2010
Desa Gajah Mati
Kecamatan Karang Tinggi
Kabupaten Bengkulu
Tengah
Pertemuan : V
Hari / Tanggal : kamis / 12 Agustus 2010
Waktu : 15.30 – 17.30
Tempat
: Sekretariat KKNUNIB Desa Gajah Mati
Materi Pembelajaran : ”CARA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR”
Hasil Pembelajaran
:
Pertanyaan :
1.
Apa yang menyebabkan motivasi belajar siswa sering
berkurang?
2.
Bagaimana cara membangkitkan motivasi belajar ?
Pembahasan :
1.
Yang menyebabkan motivasi belajar siswa berkurang
yaitu : adanya sifat malas yang berlebihan, tidak ingin maju, kurang adanya
perhatian dari orangtua, kurangnya sarana dan prasarana dalam belajar, adanya
masalah pribadi yang belum terpecahkan, kurang bergaul dengan buku.
2.
Cara membangkitkan motivasi belajar : harus
membangkitkan sifat optimis dan ingin lebih baik, kurangi rasa malas dan jauhi
hal – hal yang bisa membuat kita terlena agar tidak belajar, punya aktivitas
positif yang bisa membangkitkan mtivasi belajar, harus lebih banyak
bersosialisasi dengan orang tua dirumah.
Koordinator kegiatan
SRI
WAHYU WIDYANINGSIH
NPM.
A1E107015
KULIAH KERJA NYATA
UNIVERSITAS BENGKULU
PERIODE 61
TANGGAL 1 JULI s/d 31
AGUSTUS 2010
Desa Gajah
Mati Kecamatan Karang Tinggi
Kabupaten Bengkulu
Tengah
DOKUMENTASI PERTEMUAN V
Materi
pembelajaran : ”CARA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR”
Tanggal : 12 Agustus 2010
Tempat : Sekretariat
KKN UNIB Desa Gajah Mati
Foto Kegiatan
PERTEMUAN VI
a. Topik
“CAHAYA
DAN SIFAT-SIFATNYA”
b. Justifikasi Kegiatan
1.
Latar Belakang
Desa Gajah Mati merupakan desa
yang sudah mendapat aliran listrik namun sering mati, tetapi sebagian juga
memang tidak dialiri listrik karena factor ekonomi yang sangat rendah.
Sedangkan yang tidak memanfaatkan tenaga listrik mereka menggunakan lampu
petromak sebagai penerang di waktu malam. Walaupun demikian, materi ini sangat
tepat untuk disampaikan kepada siswa. Dalam situasi yang gelap kita tidak dapat
melihat benda-benda apapun. Tetapi jika kita menggunakan senter atau lampu,
benda itu akan terlihat. Karena cahaya yang dipancarkan lampu atau senter
menerangi ruangan. Semua cahaya berasal dari sumber cahaya. Semua benda yang
dapat memancarkan cahaya disebut sumber cahaya. Sebagai contoh matahari,
bintang, api, lampu dan kilat.
2.
Permaslahan
Berdasarkan latar belakang diatas
maka permasalahnya adalah “apa saja sifat-sifat cahaya”
3.
Tujuan
Tujuan dari penyampaian materi ini adalah untuk
menambah pengetahuan kepada siswa mengenai sifat-sifat cahaya
c. Pembahasan
Pertemuan
terakhir atau pertemuan ke lima Bimbingan Belajar Fisika diselenggarakan pada
hari kamis tanggal 19 Agustus 2010 pukul 15.30 sampai 17.30 WIB bertempat di
sekretarian KKN UNIB periode 61 desa Gajah Mati. Materi yang di bahas dalam pertemuan ini adalah Cahaya dan Sifat-Sifatnya.
Selain materi juga langsung diadakan perpisahan dan penutupan kegiatan bimbel
fisika.
Pada pertemuan
ini peserta yang hadir berjumlah 11 orang, peserta lain tidak dapat hadir tanpa
ada keterangan. Di sini masalah terbesar yang dirasakan oleh pengajar, yaitu
masalah sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk mempermudah dalam
menjelaskan materi.
Respon
dari peserta Bimbel sangatlah baik, disini dibahas berbagai masalah dan
fenomena mengenai cahaya dan sifat-sifatnya yang ada di sekitar kita. Peserta
juga sangat aktif dalam berdiskusi dan mengajukan pertanyaan mengenai topik
yang di bahas. Di akhir pertemuan juga di adakan kuis untuk melihat seberapa
banyak informasi yang dapat ditangkap oleh peserta.
Materi
yang di sampaikan dalam diskusi tersebut secara umum adalah sebagai berikut:
Sifat-sifat cahaya:
Ø
Cahaya merambat lurus
Jika diperhatikan cahaya matahari akan tampak berkas cahayanya merambat
lurus. Cahaya matahari yang masuk kedalam suatu ruangan atau celah-celah rumah
yang gelap akan tampak seperti batang-batang putih yang lurus. Tetapi jika
diberi penghalang seperti karton atau tembok, maka berkas cahaya tidak dapat
terlihat..
Ø
Cahaya menembus benda bening
Benda-benda yang dapat ditenbus oleh cahaya disebut benda bening.
Benda-benda yang tidak dapat ditembus oleh cahaya disebut benda gelap. Jika
pada air keruh, cahaya matahari tidak dapat menembusnya.
Ø
Cahaya dapat dibiaskan
Bila cahaya merambat pada dua medium yang berbeda, misalnya dari suatu
zat ke zat lain yang kerapatannya berbeda, maka cahaya tersebut mengalami
pembiasan atau pembelokkan. Mediun adalah zat perantara yang dilalui. Kerapatan
zat berbeda-beda. Kerapatan gelas bening lebih besar daripada kerapatan air
jernih. Kerapatan air jernih lebih besar daripada kerapatan udara.
Jika sebagian pensil dimasukkan akan kelihatan seperti patah.
Hal ini dikarenakan bagian pensil yang tercelup tersebut terlihat lebih tinggi
dari kedudukan yang sebenarnya. Cahya dari sebagian pensil yang tercelup,
ketika keluar ke udara dibidang batas dibiaskan menjauhi garis normal.
d. Kesimpulan dan Saran
1.
Kesimpulan
Berdasarkan
uraian diatas dapat disimpulkan bahwa :
1.
Cahaya berasal dari sumber cahaya
2.
Cahaya dapat menembus benda bening, misalnya gelas kaca
yang bening
3.
Sifat-sifat cahaya antara lain cahaya merambat lurus,
dapat menembus benda bening, dan dapat dibiaskan
2.
Saran
Sebaiknya untuk menunjang pemahaman materi ini dilakukan percobaan,
tetapi karena alatnya tidak memungkinkan sehingga pemahaman materi ini tidak
dapat sepenuhnya dimengerti oleh siswa.
e. Lampiran
PROGRAM KERJA
INDIVIDU
MAHASISWA KULIAH KERJA
NYATA UNIB
PERIODE 61 TAHUN
2010
Desa : Gajah Mati
Kecamatan : Karang Tinggi
Kabupaten : Bengkulu Tengah
Nama : SRI WAHYU WIDYANINGSIH
NPM
: A1E007012
Program studi
: FISIKA
Fakultas
: KIP
Pembelajaran VI : CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA
Nama Anggota Kelompok Binaan
Hari : Kamis
Tanggal : 15 Juli 2010
Tempat :
Sekretariat KKN UNIB Desa Gajah Mati
NO
|
NAMA
|
ALAMAT
|
KELAS
|
UMUR
|
PARAF
|
KET
|
1.
|
Eka Setianingsih
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
2.
|
Devi Susanti
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
3.
|
Trya Verenika
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
4.
|
Elvi Riani
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
5.
|
Lesi Hermiati
|
Gajah Mati
|
VII
|
12 Tahun
|
|
|
6.
|
Nike Yusikai
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
7.
|
Sinta Marcu Diana
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
8.
|
Nurul Aini
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
9.
|
Erie Afrilia
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
10.
|
Rita Agustina
|
Gajah Mati
|
VIII
|
13 Tahun
|
|
|
11.
|
Rani puspita sari
|
Gajah Mati
|
IX
|
14 Tahun
|
|
|
12.
|
Jumadil Fitri
|
Gajah Mati
|
IX
|
14 Tahun
|
|
|
13.
|
FohahanDwi Adfeni
|
Gajah Mati
|
IX
|
14 Tahun
|
|
|
14.
|
Maria Eka Septiani
|
Gajah Mati
|
IX
|
15 Tahun
|
|
|
Gajah Mati, Juli 2010
Koordinator Desa
Kepala Desa Gajah Mati
Niswar Robi Sugara
NPM. F1A006045
KULIAH KERJA NYATA
UNIVERSITAS BENGKULU
PERIODE 61
TANGGAL 1 JULI s/d 31
AGUSTUS 2010
Desa Gajah Mati
Kecamatan Karang Tinggi
Kabupaten Bengkulu
Tengah
Pertemuan : VI
Hari / Tanggal : Kamis / 19 Agustus 2010
Waktu : 15.30 – 17.30
Tempat
: Sekretariat KKN UNIB Desa Gajah Mati
Materi Pembelajaran : “CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA”
Hasil Pembelajaran
:
Pertanyaan :
1.
Sebutkan macam – macam dari sifat cahaya?
Pembahasan :
1.
Sifat – sifat cahaya adalah :
·
merambat lurus di dalam medium
·
dapat mengalami pembiasan dan pemantulan
·
dapat mengalami interferensi yaitu mengalami
peristiwa perpaduan dua gelombang atau
lebih
·
dapat mengalami pelenturan atau difraksi, yaitu
peristiwa hamburan gelombang ke segala arah ketika melewati celah kecil
Koordinator kegiatan
SRI
WAHYU WIDYANINGSIH
NPM. A1E107015
KULIAH KERJA NYATA
UNIVERSITAS BENGKULU
PERIODE 61
TANGGAL 1 JULI s/d 31
AGUSTUS 2010
Desa Gajah Mati
Kecamatan Karang Tinggi
Kabupaten Bengkulu
Tengah
DOKUMENTASI PERTEMUAN VI
Materi
pembelajaran : “CAHAYA DAN
SIFAT-SIFATNYA”
Tanggal : 19 Agustus 2010
Tempat : Sekretarat
KKN UNIB Desa gajah mati
Foto Kegiatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar