Kamis, 09 Februari 2012

Timbulnya Fisika klasik


TIMBULNYA FISIKA KLASIK
(PRIODE III,1800 – 1890 AD)
A.    Fisika di Abad ke-19
Telah banyak sekali yang diketahui dan harus ditambahkan kedalam ilmu fisika, sehingga sejarah fisika yang lengkap di abad ini terjadi dari buku-buku (text book) ilmu fisika sendiri. Karena itu kita hanya akan memberikan komentar dalam garis besarnya saja dari beberapa penemuan terpenting yang membawa kemajuan ilmu fisika dan yang mempunyai back ground karakteristik dari periode ke III ini.
Dalam mekanika Hamiltonia telah menemukan “Persamaan Hamiltonian” suatu bentuk baru dari persamaan gerak yang berguna sekali dalam pemecahan persoalan-persoalan teoritis. Teori gerak benda kaku (rigid body),termasuk gyroskop telah dilakukan dengan baik sekali seperti teori matematik elastisitas.begitu juga mekanika hidrolika yang membedakan gerak bermacam-macam zat alir dan teori ini sudah demikian luasnya,sehingga arus zat alir yang viscos telah merupakan persoalan sederhana yang dapat dipecahkan.penyelidikan mendalam mengenai zat alir ini disertai dengan metoda empiris telah diperluas lebih-lebih setelah penemuan kapal udara.
Penemuan-penemuan dan kemajuan yang sangat berarti adalah dalam pembentukan teori kinetic gas, kemenangan teori gelombang terhadap teori corpuculair,perumusan hokum umum dari konservasi energy, penentuan hokum kedua thermodinamika,penemuan Faraday dan yang lain-lain mengenai fenomena elektromagnetik yang sangat terkenal. Dari semua kemajuan-kemajuan fisika yang timbul kita seleksi lagi yang memegang peranan langsung dalam menuju kepada arah perkembangan Fisika Modern, terutama yang akan diuraikan hanya mengenai diskusi-diskusi dari Cuont Rumford (teori panas), Thomas young (cahaya), Michael Faraday (Listrik Magnet), dan James CMaxwell (teori cahaya elektromagnetik).
B.     Count rumford (1753-1814)
1.      Benyamin Thomson atau lebih dikenal dengan count Rumford telah meletakkan dasar teori kinetic panas modern dan energy. Dia di lahirka di England (Inggris baru) di kota Woburn,koloni Inggris Massachustta,kira-kira dua mil dari tempat kelahiran dai Benyamin Franklin.
Bapaknya seorang petani, menunggal ketika Benyamin baru berumur beberapa bulan. Pendidikan didapatkannya dari guru-guru privat dan dari sekolah setempat. Meskipun tidak menunjukkan kesanggupan yang luar biasa sebagai seorang mahasiswa, sebagai seorang eksperimenter dan sebagai seorang matematikan, dia terpaksa bekerja sebagai guru tulis oko ketika berumur 13 tahun. Cuta-citanya untuk menjadi doctor tidak terlaksana karena kekurangan biaya.
2.      Pada umur 19 tahun dia belajar di sekolah dekat Boston. Di sini benyamin jatuh cinta kepada seorang janda “Rolfe” yang telah berumur 33 tahun dan mereka menikah pada tahun 1772. Ketika perang kemerdekaan meletus dia melarikan diri ke Inggris dan meninggalkan istrinya yang meninggal 17 tahun kemudian. Mengingat pengetahuan yang dimilikinya, menyebabkan dia dipilih bekerja di Royal society dalam tahun 1778. Tampaknya Benyamin mempunyai keingginan mengembara dan berjiwa avonturist. Tahun 1783 kemungkinan terjadi perang antara Austria dan Turki. Benyamin meninggalkan Inggris untuk membantu Austria. Ternyata peperangan tidak jadi meletusdan dia menjadi insinyur dalam kemilitiran dari pemerintahan Bavaria. Dala tahun 1790 dia diberi gelar kehormatan dengan title Count Rumford.
a.       Dalam tahun 1798 dia memperhatikan sejumlah besar panas teori kalorik suatu benda hanya dapatmenjadi panas bila benda yang lain menjadi dingin. Tetapi denga meriam ini lain keadaanya. Kemudian Rumford membuat sebuah eksperimen mendidihkan air dengan pergeseran (Friksi). Dia membantah bahwa panas itu suatu zat alir (Caloric) tetapi suatu bentuk gerakan. Menurut teori ini kalorik itu dia anggap keluar bila benda didinginkan. Teori caloric panas oleh friksi merupakan bahwa friksi menekan calotic dari benda seperti air yang diperas dari bunga karang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar