Kamis, 09 Februari 2012

PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI



TUGAS
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
RESUME

PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI
POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG
PADA KELAS II 4 CAWU I SLTP NEGERI I KOTA BENGKULU










DISUSUN OLEH:
SRI WAHTU WIDYANINGSIH
A1E007012



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS BENGKULU
2008
PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG
PADA KELAS II 4 CAWU I SLTP NEGERI I KOTA BENGKULU

Disusun oleh  : Yanti Yosefa
NPM               : A1E095002
Tahun             : 2002 

Mata pelajaran fisika sering kali menjadi hal yang dianggap sulit bagi siswa. Kurang menariknya belajar fisika bisa disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya lingkungan yang kurang mendukung, kurangnya minat dan bakat siswa, kurangnya fasilitas belajar, dan ketepatan pemilihan metode mengajar dan pendekatan mengajar.
Guru harus tepat memilih metode pembelajaran untuk menyampaikan materi pembelajaran untuk menyampaikan materi pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Karena guru adalah fasilitator, pembimbing dan pendidik, maka guru sangat berpengaruh dalam keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar.
            Proses pembelajaran yang banyak dilakukan pada saat ini adalah mengajar dengan menyajikan informasi kepada siswa dalam bentuk metode ceramah atau demonstrasi. Berdasarkan hasil observasi  di sekolah, metode  ini memiliki kelemahan yaitu kurang melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar. Sehingga diasumsikan kemungkinan metode tersebut merupakan salah satu penyebab rendahnya tingkat keberhasilan siswa SLTP Negeri 1 Kota Bengkulu dalam belajar fisika.
            Berdasarkan pengamatan di atas, penulis memilih metode inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, karena siswa terlibat langsung dalam proses belajar mengajar pokok bahasan yang diterapkan pada konsep getaran dan gelombang.


            Metode inkuiri adalah pola belajar mengajar yang dirancang untuk melatih siswa melakukan proses meneliti. Metode inkuiri dirancang untuk menciptakan tantangan bernalar, keinginan yang tidak terarah, kemudian diarahkan dengan langkah-langkah meneliti dan bereksperimen.
            Melalui metode inkuiri diharapkan siswa mampu memahami suatu materi pelajaran dengan baik, karena siswa terlibat secara langsung melakukan percobaannya. Sehingga akan mendapat kesan yang mendalam pada diri siswa yang menjadikan pengalaman,pengetahuan yang berharga seta menambah percaya diri akan memotivasi siswauntuk melatih dalam menjawab dengan benar.
            Ada lima tahapan yang ditempuh dalam melaksanakan metode inkuiri, yaitu:
a.       Perumusan masalah untuk dipecahkan siswa.
b.      Menetapkan jawaban sementara (hipotesis).
c.       Siswa mencari data, informasi dan fakta yang diperlukan untuk menjawab permasalahan (hipotesis).
d.      Menarik kesimpulan jawaban atau generalisasi.
e.       Mengaplikasikan kesimpulan/generalisasi dalam situasi baru.

Metode inkuiri dapat dilaksanakan apabila terpenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
1.      Guru harus terampil memilih persoalan yang relevan untuk diajukan di depan kelas dan sesuai dengan daya nalar siswa.
2.      Guru harus terampil menumbuhkan motifasi belajar siswa dan menciptakan situasi belajar yang menyenangkan.
3.      Adanya fasilitas dan sumber belajar yang cukup.
4.      Adanya kebebasan siswa untuk berpendapat.
5.      partisipasi siswa dalam setiap kegiatan belajar.
6.      Guru tidak banyak campur tangan atau intervensi terhadap kegiatan siswa.








            Fase-fase inkuiri menurut model Suchman adalah sebagai berikut:
a.       Fase perencanaan untuk kegiatan inkuiri. Langkah-langkah dalam fase perencanaan yaitu:
  1. Mengidentifikasi tujuan.
  2. mempersiapkan masalah.
  3. Mediun penyajian peristiwa (masalah).
b.      Fase inmplementasi (pelaksanaan) inkuiri model Suchman dalam implementasi inkuiri model ini, kegiatannya dibagi dalam beberapa tahap yaitu:
  1. Penyajian masalah.
  2. Merumuskan hipotesis dan pengumpulan data.
  3. Penutup.
c. Fase evaluasi merupakan halyang esensial yang akan menyajikan informasi kepada guru tentang kemajuan siswa secara individual.

            Metode mengajar biasa digunakan dalam metode inkuiri antara lain metode diskusi dan pemberian tugas. Keunggulan metode inkuiri adalah sebagai berikut:
a.       Dapat membentuk dan mengembangkan self concept pada diri siswa, sehingga siswa dapat mengerti tentang konsep dasar dan ide-ide yang baik.
b.      Membantu dalam menggunakan ingatan dan transfer pada situasi proses belajar mengajar yang baru.
c.       Mendorong siswa untuk berfikir dan bekerja atas inisiatif sendiri, bersikap objektif, jujur dan terbuka.
d.      Mendorong siswa untuk berfikir intuitif dan merumuskan hipotesanya sendiri.
e.       Dapat mengembangkan bakat atau kecakapan individu.






Tujuan penggunaan metode inkuiri antara lain:
1.      Mengembangkan sikap terampil, kepercayaan dalam memutuskan secara tepat dan objektif.
2.      Mengembangkan kemampuan berfikir agar lebih tangguh, cermat dan melatih daya nalar.
3.      Membina dan mengembangkan sikap penasaran(rasa ingin tahu).
4.      mengembangkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.

Sebelum menggunakan metode inkuiri, pengetahuan awal siswa masih rendah yaitu nilai rata-rata 2,57. Setelah diterapkannya metode inkuiri, terjadi peningkatan prestasi belajar siswa. Dari hasil tersebut prestasi belajar siswa meningkat dari siklus satu, siklus dua dan siklus tiga serta pada tes akhir. Secara rinci hasil setiap siklus dapat dilihat pada tabel berikut:

Siklus
Nilai rata-rata
Ketuntasan Belajar
I
5,83
29,16 %
II
7,17
81,25 %
III
7,37
83,33 %
Tes Akhir
7,44
87,50 %

Tingkat pencapaian prestasi belajar siswa kelas II 4 SLTP N 1 Kota Bengkulu dalam pembelajaran fisika pada konsep getaran dan gelombang dengan penerapan metode inkuiri ternyata terjadi peningkatan prestasi belajar siswa. Berdasarkan data prestasi siswa tiap-tiap siklus terdapat peningkatan prestasi belajar siswa yang cukup berarti, ini berarti pembelajaran fisika dengan menggunakan metode inkuiri ternyata memberi manfaat yang sangat positif, sesuai dengan teori construktivis yang menyatakan anak akan membentuk konsep serta mengembangkan konsepnya sendiri.
Selama proses belajar mengajar menggunakan metode inkuiri, siswa diamati dalam sembilan kegiatan yaitu: keaktifan, kerja sama, cara kerja, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, cara diskusi, cara bertanya, menarik kesimpulan dan megerjakan latihan soal-soal. Dan dari kesembilan pengamatan tersebut dapat terlihat bahwa siswa mengalami peningkatan dari berbagai kegiatan dalam proses belajar mengajar jika dibandingkan sebelum diadakan tindakan.

Akan tetapi, selain memiliki keunggulan metode inkuiri juga mempunyai kekurangan-kekurangan, yaitu:
1.      Ada kemungkinan hanya beberapa siswa yang pandai saja yang terlibat secara aktif dalam prinsip ilmu dan sebagian besar diam (pasif) sambil menunggu adanya siswa yang menyatakan aturan umumnya.
2.      Suatu keluhan atau kesukaran umum adalah bahwa pendekatan inkuiri memerlukan waktu yang banyak.
3.      Tidak mungkin siswa diberikesempatan sepenuhnya untuk membuktikan secara bebas semua yang dipermasalahkan

Saran
  1. Setiap guru harus memilih metode yang tepat dan menggunakan media mengajar baik yang ada di laboratorium maupun di lingkungan seitar, karena siswa dapat mengamati langsung dan mempengaruhi tingkat pemahaman dan minat dalam belajar.
  2. Guru sebaiknya meningkatkan kemampuannya dalam berinteraksi dengan siswa, antara lain berupa peningkatan frekuensi guru dalam memotivasi siswa, melibatkan siswa dalamproses belajar mengajar.
  3. Guru lebih mengaktifkan siswa dalam melakukan percobaan dandiskusi baik dalam kelompoknya maupun diskusi kelas untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.


1 komentar:

  1. Manfaat Aktivasi Rejeki :

    Menetralisir rintangan kehidupan/energi negatif dengan metode getaran. Energi negatif yang minim akan mempermudah pencapaian target kehidupan. Anda akan kami ajarkan metodenya sehingga mampu melakukan ruwatan/pembersihan pada diri sendiri.

    * Peningkatan kualitas keberuntungan.

    * Lebih tenang, sabar, mudah bersyukur dan percaya diri.

    * Mampu mentransfer energi untuk keperluan seperti : peningkatan omset, peningkatan karir, lebih cepat mendapatkan jodoh dll


    http://pelatihanintienergi.com/pelatihan-aktivasi-rejeki.php

    0812 8202 7639 / 085 777 269 266

    BalasHapus