Kamis, 09 Februari 2012

DEFINISI (ILMU PENGETAHUAN ALAM) IPA


TUGAS
DASAR – DASAR PENDIDIKAN
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
(DPP MIPA)

Nama  : Sri Wahyu Widyaningsih
NPM   : A1E007012

DEFINISI (ILMU PENGETAHUAN ALAM) IPA

IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) sering disebut Sains, dalam Bahasa Inggris “Science”. IPA atau Science memiliki beberapa definisi yaitu
*            Fisher
Science adalah kumpulan pengetahuan yang diperoleh dengan menggunakan metode-metode yang berdasarkan observasi.
*            Carin
Science adalah suatu kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematik,yang di dalam penggunaannya secara umum terbatas pada gejala-gejala alam. Perkembangan science tidak hanya ditunjukkan oleh kumpulan fakta saja, tetapijuga oleh timbulnya metode ilmiah dan sikap ilmiah.
*            Nash
Nash seorang ahli kimia, menekanakan bahwa science adalah suatu prosesatau suatu cara untuk meneropong dunia.
*            Wigner
Wigner seorang ahli fisika mendefinisikan science sebagai gudang /penyimpanan tentang gejala-gejala alam.




*            T.H. Huxley
T.H. Huxley, seorang ahli biologi. Menurutnya Science adalah pikiran sehat yang diorganisir. Secara tepat pernyataan yangmudah dimengerti ini melukiskan kewajaran dan kemasukakalan (rasionalitas)pengetahuan ilmiah sehingga dapat membantu melenyapkan beberapa ilmu sihir (mistik) yang sering melingkupi science.
*            Bube, seorang ahli fisika
Science adalah pengetahuan tentang dunia alamiah yang diperoleh dari interaksi indera dengan dunia tersebut.
Pernyataan ini memberikan suatu ketelitian yang menarik terhadap dua aspek tentang bagaimana observasi terjadi (berlangsung) :
1. Observasi gejala-gejala alam (yang merupakan dasar-dasar otoritas dimana pengetahuan ilmiah berlaku) melalui pikiran dan indra seseorang.
2.  Proses observasi menyangkut dua jalur interaksi antara pengamat (orang yang melakukan observasi) dan objek (sesuatu yang diobservasi)
*            James Conant, seorang ahli kimia organik
Science adalah rangkaian konsep-konsep yang saling berhubungan dan baganbagan konsep yang telah berkembang sebagai suatu hasil eksperimentasi dan observasi, dan merupakan hasil eksperimentasi dan observasi yang lebih lanjut.
*            Benyamin, seorang ahli filsafat
Science adalah “mode of inquiry” yang berusaha untuk mencapai pngetahuan tentang dunia dengan menggunakan metode hipotesa yang telah ditetapkan terhadap apa yang diberikan di dalam observasi.
*            Dampier, seorang ahli sejarah science
Science adalah pengetahuan tentang gejala-gejala alam yang teratur dan studi rasional tentang hubungan antara konsep-konsep yang mana gejala-gejala ini dinyatakan.
*            A.N. Whitehed
A.N. Whitehed menyatakan bahwa Sains dibentuk karena pertemuan dua orde pengalaman. Orde pertama didasarkan pada hasil observasi terhadap gejala/ fakta (orde observasi) dan orde kedua didasarkan pada konsep manusia mengenai alam semesta (orde konsepsional).
*            H.W. Fowler
IPA merupakan ilmu yang sistematis yang berhubungan dengan gejala-gajala kebendaan dan didasarkan terutama atas pengamatan dan induksi.
*            Sund
Sund mendefinisikan Science sebagai berikut :
1. Scientific attitudes (sikap ilmiah), yaitu kepercayaan/ keyakinan, nilai-nilai, gagasan/ pendapat, objektif.
2.  Scientific methods (metode ilmiah), yaitu cara-cara khusus dalam menyelidiki/ memecahkan masalah.
3. Scientific products (produk ilmiah), berupa fakta, prinsip, hukum, teori dan sebagainya.
*            Purnell’s
IPA adalah pengetahuan manusia yang luas yang didapatkan dengan cara observasi dan eksprimen yang sistimatik, serta dijelaskan dengan bantuan aturan-aturan, hukum-hukum, prinsip-prinsip, teori-teori dan hipotesahipotesa”.
*      Depdikbud
mata pelajaran IPA adalah program untuk menanamkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai ilmiah pada siswa serta rasa mencintai dan menghargai kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.
*      Suyoso
Sains merupakan pengetahuan hasil kegiatan manusia yang bersifat aktif dan dinamis tiada henti-hentinya serta diperoleh melalui metode tertentu yaitu teratur, sistematis, berobjek, bermetode dan berlaku secara universal.
*      Abdullah
IPA merupakan pengetahuan teoritis yang diperoleh atau disusun dengan cara yang khas atau khusus, yaitu dengan melakukan observasi, eksperimentasi, penyimpulan, penyusunan teori, eksperimentasi, observasi dan demikian seterusnya kait mengkait antara cara yang satu dengan cara yang lain.
*       Conant
sains adalah bangunan atau deretan konsep yang saling berhubungan sesbagai hasil dari eksperimen dan observasi.
*       Campbell
sains adalah pengetahuan yang bermanfaat dan cara bagaimana atau metode untuk memperolehnya
*       Carin dan Sund
sains adalah suatu system untuk memahami alam semesta melalui observasi dan eksperimen yang terkontrol.
*       Abruscato
sains adalah pengetahuan yang diperoleh lewat serangkaian proses yang sistematik guna mengungkap segala sesuatu yang berkaitan dengan alam semesta
*       Soekarno
IPA adalahi ilmu yang mempelajari tentang sebabdan akibat kejadian-kejadian yang ada di alam ini. 
*      Trowbridge and Byde
Sains atau IPA merupakan representasi dari hubungan dinamis yang mencangkup tiga factor utama yaitu The extant body of scientific knowledge, the values of science and the methods and processes of science” yang artinya sains merupakan produk (body of scientific knowledge) dan proses (methods and processes), serta mengandung nilai-nilai (values).
*      Carin dan Sund
Ilmu Pengetahuan Alam merupakan pengetahuan ilmiah, yaitu pengetahuan yang telah mengalami uji kebenaran melalui metode ilmiah, dengan ciri: objektif, metodik, sistimatis, universal, dan tentatif. Ilmu Pengetahuan Alam merupakan ilmu yang pokok bahasannya adalah alam dan segala isinya.
*      Depdiknas
IPA adalah pengetahuan yang sistematis dan tersusun secara teratur, berlaku umum (universal), dan berupa kumpulan data hasil observasi dan eksperimen.
*      Soekardjo
IPA merupakan ilmu yang pada awalnya diperoleh dan dikembangkan berdasarkan percobaan (induktif) namun pada perkembangan selanjutnya IPA juga diperoleh dan dikembangkan berdasarkan teori (deduktif).
*      kamus oxford Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA) ialah satu cabang ilmu pengetahuan yang melibatkan perhatian dan eksperimen untuk membuat rumusan idea, penerangan dan pemahaman terhadap fenomena atau gejala yang terjadi di alam.
*      kamus besar bahahasa Indonesia
sains diartikan sebagai ilmu yang dapat diuji atau dibuktikan kebenarannya atau berdasarkan kenyataan.
*      Subiyanto
IPA adalah suatu cabang pengetahuan yang mengangkat fakta-fakta yang tersusun secara sistematis dan menunjukkan berlakunya hukum-hukum umum. IPA merupakan pengetahuan yang didapat dengan jalan study dan praktik. IPA juga dapat diartikan sebagai suatu cabang study yang bersangkut-paut dengan observasi dan klasifikasi fakta-fakta terutama dengan disusunnya hukum umum dengan induksi dan hipotesis.
*      IAD – UI
IPA adalah ilmu yang mempelajari tentang pengugkapan rahasia tentang gejala alam,meliputi asalusul alam semesta dengan segala isinya termasuk proses, mekanisme, sifat benda maupun peristiwa yang terjadi.
*        M.T Zen
Sains adalah suatu eksplorasi kea lam materi berdasarkan observasi dan bertujuan mencari hubungan antara fenomena yang diamati yang bersifat menerangkan dan harus dapat menguji diri sendiri.


Definisi IPA Tanpa Pengemuka
*      IPA merupakan pengetahuan dari hasil kegiatan manusia yang diperoleh dengan menggunakan langkah-langkah ilmiah yang berupa metode ilmiah dan dididapatkan dari hasil eksperimen atau observasi yang bersifat umum sehingga akan terus di sempurnakan.
*      IPA adalah ilmu yang digunakan untuk mempelajari objek dan fenomena alam, dalam pendidikan IPA peningkatan kreativitas dan kecerdasan siswa dilakukan dengan cara membelajarkan siswa untuk berpikir dan bekerja dengan objek dan fenomena.
*      sains adalah kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis, sehingga secara umum istilah sains mencakup ilmu pengetahuan sosial dan ilmu pengetahuan alam.
*      sains adalah pengetahuan manusia tentang alam yang diperoleh dengan cara terkontrol.
*      IPA adalah ilmu yang mempelajari tentang fenomena alam dan segala sesuatu yang ada di alam
*      IPA merupakan hasil kegiatan manusia berupa pengetahuan, gagsan dan konsepp yang terorganisasi secara logis sistematis tentang alam sekitar, yang diperoleh dari pengalaman melalui serangkaian proses ilmiah seperti pengamatan, penyelidikan, penyusunan hipotesis yang diikuti dengan pengujian gagsan-gagasan.
*      IPA merupakan ilmu yang mempelajari tentang alam semesta beserta isi dan kejadian-kejadian yang dapat diperoleh dan dikembangkan baik secara induktif atau deduktif.

Definisi IPA menurut Sri Wahyu Widyaningsih
IPA merupakan ilmu yang mempelajari tentang segala sesuatu yang terdapat di alam, baik itu zat yang terkandung atau gejala yang terdapat di alam. IPA merupakan pengetahuan mempunyai kebenaran melalui metode ilmiah baik secara induktif ataupun deduktif, dengan ciri: objektif, metodik, sistimatis, universal, dan tentatif.




DEFINISI MATEMATIKA

Matematika berasal dari bahasa latin manthanein atau mathema
yang berarti belajar atau hal yang dipelajari. Matematika dalam
bahasa Belanda disebut wiskunde atau ilmu pasti, yang kesemuanya
berkaitan dengan penalaran.
*      NRC (National Research Council)
 “Mathematics is the key to opportunity.” Matematika adalah kunci ke arah peluang-peluang.
*      NRC (National Research Council)
matematika adalah ilmu yang membahas pola atau keteraturan (pattern) dan tingkatan (order)
*      Sutrisno
Matematika adalah kumpulan ilmu yang merupakan dasar untuk berfikir logis.
*      R.K. Semiring
Matematika adalah alat atau bahasa yang sangat ampuh dalam pengembangan sains chard ataupun soft,karena itu sering di sebut queen of sciences.
*      Bertrant Rusell
Matematika dapat didefinisikan sebagai subyek yangmana kita tidak pernah tau tentang apa yang sedang kita bicarakan maupun apa yang tidak kita bicarakan.
*      Ruseffendi
Matematika adalah ilmu tentang stuktur yang bersifat deduktif atau aksiomatik, akurat, ketat dan semacamnya.
*      James
Matematika adalah ilmu tentang logika mengenal bentuk susunan besaran dan konsep-konsep yang berhubungan lainnya dengan jumlah yang banyak.
*      Jolinson dan Rising
Matematika adalah ilmu deduktif.



Definisi Matematika tanpa pengemuka
*      Matematika adalah pelajaran tentang bilangan atau hitung menghitung.
*      Matematika adalah pelajaran tentang bangun datar dan ruang.
*      Matematika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bilangan dan bangun (datar dan ruang)
*      matematika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bilangan dan bangun (datar dan ruang) lebih menekankan pada materi matematikanya.
*      Matematika adalah ilmu yang membahas pola atau keteraturan.

 Definisi Matematika menurut Sri Wahyu Widyaningsih
Matematika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bilangan dan bangun (datar dan ruang) lebih menekankan pada materi matematikanya yang membahas pola atau keteraturan yang bersifat deduktif atau aksiomatik, akurat, ketat dan semacamnya.

IPA SEBAGAI PROSES

Definisi IPA sebagai Proses
*      IPA sebagai proses adalah strategi atau cara yang dilakukan para ahli saintis dalam menemukan berbagai hal tersebut sebagai implikasi adanya temuan-temuan tentang kejadian-kejadian atau peristiwa-peristiwa alam.
*      IPA sebagai proses yaitu kerja ilmiah.

IPA SEBAGAI PRODUK

Definisi IPA sebagai Produk
*      IPA sebagai produk adalah hasil temuan-temuan para ahli saintis.
*      Sebagai suatu produk, sains merupakan kumpulan pengetahuan yang tersusun dalam  bentuk fakta, konsep, prinsip, hukum dan teori.
*      IPA sebagai produk yaitu pengetahuan IPA yang berupa pengetahuan faktual, konseptual, procedural, dan metakognitif.

Contoh IPA sebagai produk yaitu :
  • Fakta
  • Konsep
  • Prinsip
  • Teori-teori
  • Hukum

Contoh IPA sebagai produk dalam Fisika yaitu
         Hukum I,II, dan III Newton
         Hukum Coulomb
         Hukum Pertama dan kedua termodinamika
         Hukum Ohm
         Hukum Kirchoff
         Hukum Boyle

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

.>